Hambatan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMKN 5 Penajam Paser Utara
Abstract
Penelitian ini didasari pada hasil kuesioner yang peneliti sebar terhadap
siswa-siswi SMKN 5 Penajam Paser Utara kelas 10 dan 11. Penelitian ini dilakukan
karena penulis melihat masih banyak hambatan-hambatan yang dihadapi siswa
dalam waktu belajar pendidikan jasmani. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui apa hambatan peserta didik dalam proses pembelajaran pendidikan
jasmani di SMKN 5 Penajam Paser Utara. Penelitian ini ialah penelitian deskriptif
kuantitatif. Pengambilan sampel ini memakai teknik Simple Random Sampling
artinya pengambilan sampel secara acak dengan banyak populasi 165 siswa dan
sampel yang diambil sebanyak 41 siswa. Teknik pengambilan data memakai angket
kuesioner yang disebar ke siswa yang telah ditentukan. Teknik analisis data
memakai statistik deskriptif kuantitatif persentase. Hasil penelitian yang
didapatkan, bahwa hambatan peserta didik dalam proses pembelajaran pendidikan
jasmani di SMKN 5 Penajam Paser Utara masuk dalam kategori “sedang” nilai rata rata 64,39. Untuk kategori “Sangat Rendah” sebesar 7% sebanyak 3 siswa, kategori
“Rendah” sebesar 17% sebanyak 7 siswa, kategori “Sedang” sebesar 49% sebanyak
20 siswa, kategori “Tinggi” sebesar 22% sebanyak 9 siswa, dan kategori “Sangat
Tinggi” sebesar 5% sebanyak 2 siswa. Dan dapat disimpulkan pada indikator
kelengkapan sarana dan prasarana adalah persentase paling besar diantara indikator
yang lainnya, dengan persentase sebesar 23,48%.