Hubungan Motivasi Belajar Dan Dukungan Orang Tua Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Siswa Kelas VIII Smp IT Nurul Ilmi Tenggarong
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan motivasi belajar dan dukungan orang tua dengan hasil belajar pendidikan jasmani siswa kelas VIII SMP IT Nurul Ilmi Tenggarong. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan desain korelasional. Data diperoleh melalui pengisian angket dan raport siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP IT Nurul Ilmi dengan sampel sebanyak 57 siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling dengan karakteristik berjenis kelamin perempuan. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara variabel bebas (X) dengan variabel terikat (Y) berdasarkan uji hipotesis hubungan motivasi belajar, dukungan orang tua terhadap hasil belajar signifikan, dengan nilai sig
sebesar 0,000 <0,05. Dan diperoleh derajat hubungan korelasi sedang pada variabel X1 terhadap variabel Y sebesar 0,47, dan pada variabel X2 terhadap variabel Y sebesar 0,55.