THE EFFECTIVENESS OF USING ENGLISH SONGS TO IMPROVE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY IN HIGH SCHOOLS
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas
penggunaan lagu inggris untuk meningkatkan penguasaan kosakata
bahasa Inggris pada siswa di era teknologi seperti sekarang ini.
Populasi penelitian ini adalah siswa siswi SMK Muhammadiyah 2
Samarinda Tahun Pelajaran 2022/2023. Dengan menggunakan
teknik simple random sampling, dipilih 15 siswa sebagai sampel.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan
dua jenis perlakuan yang berbeda. Pre-test diberikan kepada kedua
kelompok pada awal penelitian untuk memastikan bahwa mereka
setara. Setelah itu, kelompok eksperimen diinstruksikan untuk
mendengarkan lagu bahasa inggris sedangkan kelompok kontrol
diberikan treatment menggunakan system menghafal kosakata untuk
membandingkan apakah dengan mendengarkan lagu berbahasa
inggris efektif atau tidak. Pada akhirnya, kedua kelompok akan di
berikan post-test dan hasilnya dihitung. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa adanya peningkatan positif pada penggunaan
lagu bahasa Inggris sebagai strategi pembelajaran kosa kata terhadap
penguasaan kosa kata siswa, karena nilai rata-rata pada tes kosakata
dari pre-test dan post-test adalah 61, sedangkan nilai hasil rata-rata
post-test adalah 76. Untuk mengetahui apakah perbedaan tersebut
signifikan secara statistik atau tidak, digunakan rumus uji-t.
Berdasarkan perhitungan pada standar deviasi menunjukkan
perbedaan yang signifikan, yaitu masing-masing (9,297) dan (9,904)
pada pre-test dan post-test, yaitu terdapat kesenjangan yang besar
antara nilai terendah dan tertinggi siswa. Oleh karena itu, siswa yang
diajar menggunakan lagu inggris tampil lebih baik daripada siswa
yang memakai system menghafal. Dapat disimpulkan bahwa
penggunaan lagu inggris memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap peningkatan kosakata bahasa inggris pada siswa siswi SMK
Muhammadiyah 2 Samarinda.