• English
    • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Indonesia 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Education and Teacher Training
  • English Education
  • S1 Final Project
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Education and Teacher Training
  • English Education
  • S1 Final Project
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

THE EFFECTIVENESS OF USING ENGLISH SONGS TO IMPROVE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY IN HIGH SCHOOLS

Thumbnail
View/Open
COVER (763.7Kb)
BAB I (132.6Kb)
BAB II (257.6Kb)
BAB III (200.2Kb)
BAB IV (158.2Kb)
BAB V (116.1Kb)
DAFTAR PUSTAKA (235.2Kb)
LAMPIRAN (909.9Kb)
SKRIPSI (1.805Mb)
Naskah Publikasi (1.070Mb)
Date
2023-08-29
Author
KOMARIYAH, NUR
Metadata
Show full item record
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan lagu inggris untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada siswa di era teknologi seperti sekarang ini. Populasi penelitian ini adalah siswa siswi SMK Muhammadiyah 2 Samarinda Tahun Pelajaran 2022/2023. Dengan menggunakan teknik simple random sampling, dipilih 15 siswa sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan dua jenis perlakuan yang berbeda. Pre-test diberikan kepada kedua kelompok pada awal penelitian untuk memastikan bahwa mereka setara. Setelah itu, kelompok eksperimen diinstruksikan untuk mendengarkan lagu bahasa inggris sedangkan kelompok kontrol diberikan treatment menggunakan system menghafal kosakata untuk membandingkan apakah dengan mendengarkan lagu berbahasa inggris efektif atau tidak. Pada akhirnya, kedua kelompok akan di berikan post-test dan hasilnya dihitung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan positif pada penggunaan lagu bahasa Inggris sebagai strategi pembelajaran kosa kata terhadap penguasaan kosa kata siswa, karena nilai rata-rata pada tes kosakata dari pre-test dan post-test adalah 61, sedangkan nilai hasil rata-rata post-test adalah 76. Untuk mengetahui apakah perbedaan tersebut signifikan secara statistik atau tidak, digunakan rumus uji-t. Berdasarkan perhitungan pada standar deviasi menunjukkan perbedaan yang signifikan, yaitu masing-masing (9,297) dan (9,904) pada pre-test dan post-test, yaitu terdapat kesenjangan yang besar antara nilai terendah dan tertinggi siswa. Oleh karena itu, siswa yang diajar menggunakan lagu inggris tampil lebih baik daripada siswa yang memakai system menghafal. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan lagu inggris memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kosakata bahasa inggris pada siswa siswi SMK Muhammadiyah 2 Samarinda.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3406
Collections
  • S1 Final Project
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback