PENGARUH KUALITAS PELAYANAN SWAMEDIKASI TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DI APOTEK KECAMATAN TENGGARONG
Abstract
Latar Belakang: Apotek merupakan suatu tempat dilaksanakannya pekerjaan kefarmasian dan pendistribusian perbekalan kesehatan khususnya sediaan farmasi, sehingga masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan obat yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Kepuasan Konsumen dapat mempengaruhi minat untuk kembali ke Apotek yang sama. Kepuasan konsumen merupakan penilaian baik atau buruknya pelayanan kefarmasian yang diterima konsumen.
Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan swamedikasi terhadap tingkat kepuasan di Apotek Kecamatan Tenggarong.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik. Penelitian ini dilakukan di 10 Apotek yang memberikan izin di Apotek Kecamatan Tenggarong dengan jumlah sampel 100 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner kualitas pelayanan swamedikasi terhadap tingkat kepuasan konsumen.
Hasil: Hasil Fhitung pada penelitian ini menunjukkan nilai sebesar 191,299, sehingga dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dengan besar pengaruh sebesar 66,1%.
Kesimpulan: Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan swamedikasi terhadap tingkat kepuasan konsumen.