PENGARUH HARGA DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP MINAT PEMBELIAN PADA INDUSTRI IKAN HIAS DI KOTA SAMARINDA
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Harga dan Perceived
Quality terhadap Minat Pembelian Ikan Hias di Kota Samarinda.
Penelitian ini menggunakan metode random sampling dengan pengambilan sampel subjektif
sebesar 141 responden. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kualitatif, dimana 141
responden akan menjawab serangkaian pernyataan dalam kuesioner yang disebar sesuai dengan
karakteristik responden yang diperlukan. Data di olah melalui SPSS 27 dengan alat uji Instrumen
Kaiser-Meyer-Olkin (KMO) dengan membandingkan besarnya koefisien korelasi yang diamati dengan
besarnya koefisien parsial. Uji Asumsi Klasik digunakan untuk mengetahui ada tidaknya pelanggaran
dalam asumsi-asumsi klasik dan kemudian dilanjutkan dengan regresi linear berganda terhadap
variabel-variabel penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga dan perceived quality memiliki pengaruh positif
dan signifikan secara parsial kepada minat pembelian. Indikator perceived quality merupakan
variabel yang paling berpengaruh terhadap minat pembelian di dalam penelitian ini. Nilai uji
adjusted R square menunjukan bahwa kedua variabel x dapat menjelaskan variabel y sebesar 54,3 %,
yang artinya masih banyak hal-hal lain yang dapat mempengaruhi minat pembelian diluar dari apa
yang di teliti di dalam penelitian ini.