Hubungan Stres Akademik dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Keperawatan Tingkat Akhir Selama Masa Pandemi COVID-19 di Kota Samarinda
Abstract
Latar belakang: Selama ini jarang sekali perguruan tinggi di Indonesia yang melaksanakan pembelajaran secara online. Ketika terjadi peningkatan kasus Covid-19 yang mengharuskan mereka untuk belajar dari rumah, terjadi kebingungan mengenai apa yang harus dipersiapkan dan dilakukan untuk dapat sukses dalam program ini, Stres yang dihadapi mahasiswa dapat mempengaruhi hal-hal lain, seperti motivasi belajar.
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara stress akademik dengan motivasi belajar pada mahasiswa keperawatan tingkat akhir selama masa pandemic covid-19 di kota samarinda.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan desain deskriptif korelasional, peneliti menggunakan pendekatan Cross Sectional dan Teknik pengambilan samplenya menggunakan rumus Lameshow, Sampel penelitian ini adalah mahasiswa keperawatan tingkat akhir yang berada di kota samarinda sebanyak 330 responden. Dengan menggunakan kuisioner Educational Stres Scale Adolescent (ESSA) dan Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ).
Hasil penelitian: Berdasarkan hasil penelitian Stres Akademik dengan Motivasi Belajar sebanyak 330 orang. Dari hasil statistik didapatkan hasil signifikan p = 0,002 > α 0,05 maka dinyatakan adanya hubungan yang signifikan antara stres akademik dengan motivasi belajar pada mahasiswa keperawatan tingkat akhir dikota samarinda.
Kesimpulan: Adanya hubungan antara stress akademik dengan motivasi belajar pada mahasiswa keperawatan tingkat akhir selama masa pandemic covid-19 di kota samarinda.