PROGRAM PELATIHAN KETERAMPILAN SOSIAL DALAM MENURUNKAN TINGKAT PERILAKU BULLYING SISWA DI SDN 007 SAMARINDA ILIR
Abstract
Perilaku bullying memberikan dampak yang merugikan, bukan hanya kepada korban tapi juga pelaku. Dampak tersebut tidak hanya dirasakan pada saat periode perilaku bullying terjadi, tapi bisa berlanjut hingga pelaku dan korban memasuki usia dewasa. Untuk meminimalkan dampak tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan sosialisasi terkait pengetahuan tentang perilaku bullying dan
dampaknya, kemudian penempatan stand banner dengan konten stop bullying dan ditambahkan edukasi terkait peningkatan keterampilan sosial siswa sehingga hal tersebut dapat menurunkan tingkat perilaku bullying di SD Negeri 007 Samarinda Ilir. Berdasarkan pengumpulan data yang dilakukan menggunakan kuesioner yang di sebarkan kebeberapa siswa SD Negeri 007 Samarinda Ilir, menunjukkan bahwa adanya fenomena perilaku bullying disekolah tersebut, adapun hasil penelitian deskriptif dari kuesioner yang telah di sebarkan ke siswa mempunyai persentase Perilaku Bullying dalam kategori rendah sebesar 34%, kategori sedang sebesar 35% dan kategori tinggi sebesar 31%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perilaku bullying siswa di SD Negeri 007 Samarinda Ilir dengan kategori perilaku bullying cukup tinggi
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/4007Prosiding Psikologi Pemanfaatan Ilmu Psikologi untuk Kesejahteraan Masyarakat di Kalimantan 2023;94-103