HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF MELALUI E-COMMERCE PADA REMAJA
Abstract
Pada era globalisasi saat, ini kemajuan besar telah terjadi di banyak sektor termasuk kemajuan dalam kegiatan ekonomi. Hal ini dapat menimbulkan perilaku konsumtif. Individu memerlukan kontrol diri untuk mengendalikan perilaku konsumtif yang ada pada dirinya. Penelitian ini bertujuan menemukan korelasi pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif melalui e-commerce pada remaja. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan populasi remaja yang berdomisili di Kalimantan timur. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 184 responden. Teknik Analisa data yang digunakan ialah pearson product moment dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,174 dan nilai signifikansi 0,018 (p<0,05). Hal ini mengartikan hipotesis diterima dengan adanya hubungan yang negatif dan signifikan antara perilaku konsumtif dengan kontrol diri. Hasil negatif mengartikan bahwa jika kontrol diri tinggi maka perilaku konsumtif rendah begitu pula sebaliknya bila nilai kontrol diri rendah maka nilai perilaku konsumtif tinggi. Hal ini berarti remaja dengan kontrol diri yang baik menyebabkan perilaku konsumtifnya rendah.