Hubungan antara Peran Orang Tua dengan Perkembangan Kognitif Siswa Kelas 6 Selama Pembelajaran Online di SDN 001 dan SDN 003 Sanga - Sanga
Abstract
Latar belakang : Karena sifat epidemi COVID-19 yang menyebar melalui udara, semua sekolah terpaksa beradaptasi dengan pendidikan daring, yang berdampak negatif pada perkembangan kognitif anak-anak tetapi merupakan satu-satunya pilihan yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran online terhadap pertumbuhan kognitif siswa kelas VI di SDN 001 dan SDN 003 Sanga - Sanga. Hasilnya berasal dari pemeriksaan korelasional data historis. Semua kriteria inklusi dan eksklusi dipenuhi oleh 61 siswa kelas enam yang terpilih. Analisis univariat berbasis frekuensi dan analisis bivariat Chi-kuadrat dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan strategi stratified random sampling. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh orang tua pada tingkat perkembangan kognitif anak sangat minim. Uji Chi-Square menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara keterlibatan orang tua dan prestasi akademik (p 0,05), sehingga hipotesis nol (H0) ditolak. Diharapkan dengan orang tua terus membimbing, mengajar, merawat, dan hadir untuk anak-anak mereka selama mereka terlibat dalam pembelajaran daring, fungsi kognitif siswa akan meningkat karena efek positif keterlibatan orang tua telah terbukti berdampak pada kognitif anak-anak. perkembangan.