Hubungan Pengetahuan dengan Burnout Syndrome pada Karyawan di Sekolah Swasta Samarinda
Abstract
Tujuan Studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Pengetahuan Dengan Burnout Syndrome Pada Karyawan di Sekolah Swasta Samarinda. Metodologi Penelitian: Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan di Sekolah Swasta Samarinda yang berjumlah 73 orang yang diambil dengan menggunakan teknik stratified random sampling dan didapatkan hasil sampel sebesar 42 responden. Variabel independent dalam penelitian ini adalah pengetahuan, sedangkan variabel dependen yaitu burnout syndrome. Penelitian ini menggunakan uji spearman rank dengan sebesar α = 0,05. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara pengetahuan dengan burnout syndrome yaitu p value sebesar 0,031 < 0,05 pada karyawan di Sekolah Swasta Samarinda dengan koefisien korelasi sebesar -0,036. Manfaat: Dapat bermanfaat sebagai sumber informasi mengenai hubungan pengetahuan dengan burnout syndrome untuk penelitian lebih lanjut sebagai bahan pertimbangan kebijakan promotif dan preventif untuk kesehatan mental pada karyawan baik guru maupun staff.