• English
    • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Indonesia 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Science and Technology
  • School of Mechanical Engineering
  • S1 Final Project
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Science and Technology
  • School of Mechanical Engineering
  • S1 Final Project
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Studi Eksperimen Pengaruh Variasi Inti Lilitan pada Magnet Remanen Terhadap Unjuk Kerja Motor Diesel Satu Silinder 8 HP

Thumbnail
View/Open
COVER (924.3Kb)
BAB 1 (119.2Kb)
BAB 2 (800.1Kb)
BAB 3 (748.4Kb)
BAB 4 (706.0Kb)
BAB 5 (13.91Kb)
DAFTAR PUSTAKA (19.61Kb)
LAMPIRAN (2.108Mb)
NASKAH PUBLIKASI (1.195Mb)
SKRIPSI (4.221Mb)
Date
2023-01-06
Author
Dianto, Wahyu
Metadata
Show full item record
Abstract
Teknologi mobil modern berkembang sangat cepat. Berbagai inovasi teknologi bermunculan untuk mengimbangi mobilitas manusia yang semakin meningkat, termasuk transportasi darat. Pasalnya, penggunaan bahan bakar fosil saat ini sedang meningkat, sedangkan cadangan minyak dunia kian terbatas, di mana Indonesia mepunyai cadangan tidak lebih dari 3,6 miliar barel. Alternatif yang dapat mengurangi konsumsi bahan bakar tanpa menurunkan performa mesin adalah proses "ionisasi medan magnet" dicampurkan bahan bakar dengan harapan elektron tak lagi mengorbit pada intinya, dan meninggalkan ikatan atomnya serta lepas muatan dalam molekul. Hal ini menyebabkan terjadinya proses pembakaran dengan mempergunakan magnet dalam aliran bahan bakar solar untuk menaikkan kinerja mesin diesel dan menghasilkan emisi gas buang yang ramah lingkungan. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis bermaksud untuk menyelidiki pengaruh perubahan lilitan inti besi terhadap remanensi kerja mesin diesel 1 silinder. Tujuan penelitian ini ialah agar memperoleh informasi pengaruh residu belitan inti terhadap torsi, daya dan konsumsi bahan bakar spesifik (SFC). Dalam penelitian ini, penulis mempergunakan pendekatan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan residual magnetism pada mesin diesel yang menggunakan lilitan pada saluran bahan bakar meningkatkan torsi, daya dan konsumsi SFC. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa lilitan inti besi yang paling baik adalah lilitan tabung besi, torsi meningkat menjadi 4,09%, daya meningkat menjadi 4,09%, dan sfc menurun menjadi 10,09% dibandingkan kondisi standar.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/4148
Collections
  • S1 Final Project
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback