Hubungan Dukungan Sosial dengan Burnout Syndrome pada Karyawan di Sekolah Swasta Samarinda
Abstract
Tujuan Studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara dukungan sosial dengan burnout syndrome pada karyawan di Sekolah Swasta Samarinda. Metodologi: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan cross-sectional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang diisi oleh responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan software SPSS 25. Populasi penelitian adalah karyawan Sekolah Swasta Samarinda yang berjumlah 73 karyawan dengan sampel penelitian 42 yang didapatkan menggunakan teknik Stratifed random sampling. Uji statistik menggunakan spearmen rank dengan koefesien kontingensi α = 0,05. Hasil: Hasil uji statistik didapatkan nilai p-value 0.038 < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa hasil tersebut menunjukan terdapat hubungan dukungan sosial dengan burnout syndrome pada karyawan di Sekolah Swasta Samarinda. Manfaat: Penelitian ini diharapkan dapat menambah informasi atau teori mengenai dukungan sosial dengan burnout syndrome