PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP BURNOUT AKADEMIK PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR DI KALIMANTAN TIMUR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap burnout akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan penyebaran kuisioner skala dengan teknik purposive sampling. Subjek yang digunakan sebanyak 102 mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi di Kalimantan Timur. Instrumen yang digunakan adalah skala Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) oleh Zimet (1988) dan School Burnout Inventory (SBI) oleh Samela-Aro & Näätänen (2005). Analisis data dilakukan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan nilai R-Square = 0.741, nilai F = 93.590, dan nilai p = <0.001 (p<0.05) pada hasil tersebut diketahui dukungan sosial memiliki pengaruh yang bersifat positif terhadap burnout akademik. artinya semakin tinggi dukungan sosial yang didapatkan oleh mahasiswa, maka semakin tinggi pula burnout akademik yang dialami oleh mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi di Kalimantan Timur. Dengan demikian hipotesis penelitian ini dapat diterima dimana kontribusi dukungan sosial terhadap burnout akademik sebesar 74.1%.