Analisis Kepuasan Pelanggan menggunakan Algoritma Naïve Bayes pada Program Penyediaan Air Minum & Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Desa Batuah Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara
Abstract
Air bersih merupakan kebutuhan pokok yang sangat penting bagi manusia dan berdampak langsung pada kesehatan serta kesejahteraan fisik, sehingga kehidupan sehari-hari manusia tidak dapat terlepas dari kebutuhan akan air. Namun, sejak tahun 1997 Desa Batuah tidak pernah mendapatkan pasokan air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), masyarakat desa hanya mengandalkan air hujan dan sumur galian sebagai sumber air. Oleh karena itu, Pada awal tahun 2020 dirancanglah skema pembangunan Instalasi Pengelolaan Air (IPA). Program ini melibatkan partisipasi aktif masyarakat Batuah dan dikenal sebagai Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pelanggan terhadap program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) di Desa Batuah Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara menggunakan algoritma Naive Bayes. Metode penelitian yang digunakan meliputi pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang merupakan penerima manfaat program PAMSIMAS. Data yang dikumpulkan mencakup berbagai aspek kepuasan seperti kualitas, kuantitas, kontinuitas, pelayanan dan penanganan keluhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan dianalisis dengan akurasi yang memadai menggunakan metode Naive Bayes, sehingga dapat diidentifikasi aspek-aspek yang memerlukan perbaikan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan mengetahui hasil tingkat kepuasan, diharapkan masyarakat dapat lebih aktif dalam memberikan masukan dan partisipasi untuk perbaikan program PAMSIMAS, sehingga tercipta hubungan yang lebih baik antara penyedia layanan dan pelanggan.