• English
    • Bahasa Indonesia
  • English 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Health
  • School of Public Health
  • S1 Final Projects
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Health
  • School of Public Health
  • S1 Final Projects
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Hubungan antara Durasi Bermain Video Game dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas IV & V SDN 007 Samarinda

Thumbnail
View/Open
Naskah Publikasi (441.1Kb)
Date
2017-08-11
Author
Putri, Intan Chalista
Wahyuni, Marjan
Metadata
Show full item record
Abstract
Latar Belakang : perkembangan teknologi dan akses yang mudah di Indonesia berkembang sangat pesat. salah satunya video game yang semakin popular di semua kalangan, termasuk siswa-siswi pelajar. durasi bermain secara berlebihan selama berjam-jam setiap hari diperkirakan dapat mempengaruhi penurunan prestasi belajar, berdampak negatif bagi anak dan mempengaruhi kesehatannya. Tujuan Penelitian : Mengetahui hubungan antara durasi bermain video game dengan prestasi belajar pada siswa-siswi kelas IV & V di SDN 007 Samarinda. Metode : Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV & V SDN 007 Samarinda yang berjumlah 52 siswa. Teknik sampel menggunakan total sampling adalah teknik pengambilan sampel yang sama dengan keseluruhan obyek penelitian. Hasil Penelitian : Dari hasil yang diukur menggunakan kuesioner diperoleh hasil, siswa-siswi yang durasi bermain video game dan prestasi belajar tidak baik yaitu > 2 jam/hari dengan durasi bermain sebanyak 8 (15,4%) dan sebanyak 22 responden (42,3%), siswa-siswi dengan durasi bermain video game dan prestasi belajar yang baik yaitu < 2 jam/hari sebanyak 26 responden (59,1%). Hasil uji chi square yang telah dilakukan diperoleh nilai P-Value sebesar 0,708 lebih besar dari taraf signifikan yaitu 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara durasi bermain video game dengan prestasi belajar siswa-siswi di sekolah. Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan antara durasi bermain video game dengan prestasi belajar pada siswa kelas IV & V di SDN 007 samarinda.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/464
Collections
  • S1 Final Projects
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback