Hubungan antara Durasi Bermain Video Game dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas IV & V SDN 007 Samarinda
View/ Open
Date
2017-08-11Author
Putri, Intan Chalista
Wahyuni, Marjan
Metadata
Show full item recordAbstract
Latar Belakang : perkembangan teknologi dan akses yang mudah di Indonesia berkembang sangat pesat. salah satunya video game yang semakin popular di semua kalangan, termasuk siswa-siswi pelajar. durasi bermain secara berlebihan selama berjam-jam setiap hari diperkirakan dapat mempengaruhi penurunan prestasi belajar, berdampak negatif bagi anak dan mempengaruhi kesehatannya.
Tujuan Penelitian : Mengetahui hubungan antara durasi bermain video game dengan prestasi belajar pada siswa-siswi kelas IV & V di SDN 007 Samarinda.
Metode : Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV & V SDN 007 Samarinda yang berjumlah 52 siswa. Teknik sampel menggunakan total sampling adalah teknik pengambilan sampel yang sama dengan keseluruhan obyek penelitian.
Hasil Penelitian : Dari hasil yang diukur menggunakan kuesioner diperoleh hasil, siswa-siswi yang durasi bermain video game dan prestasi belajar tidak baik yaitu > 2 jam/hari dengan durasi bermain sebanyak 8 (15,4%) dan sebanyak 22 responden (42,3%), siswa-siswi dengan durasi bermain video game dan prestasi belajar yang baik yaitu < 2 jam/hari sebanyak 26 responden (59,1%). Hasil uji chi square yang telah dilakukan diperoleh nilai P-Value sebesar 0,708 lebih besar dari taraf signifikan yaitu 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara durasi bermain video game dengan prestasi belajar siswa-siswi di sekolah.
Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan antara durasi bermain video game dengan prestasi belajar pada siswa kelas IV & V di SDN 007 samarinda.