EFISIENSI SALURAN PEMASARAN BIBIT IKAN NILA UPTD PERIKANAN BUDIDAYA AIR TAWAR KAMBITIN – NALUI DI KECAMATAN TANAH GROGOT KABUPATEN PASER
Abstract
Efisiensi Saluran Pemasaran Bibit Ikan Nila Milik UPTD Perikanan Budidaya Air Tawar Kambitin- Nalui di Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser. Dibimbing oleh bapa M. Ali Hasim Asyari , S.P., M.Agb selaku penguji II. dan ibu Ilma Elpandari, S.P., M.P selaku penguji I. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) jalur pemasaran bibit ikan nila UPTD Perikanan Budidaya Air Tawar Kambitin-Nalui di Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser. 2) margin pemasaran dan farmer’s share. 3) membandingkan saluran pemasaran mana yang paling efisien. Penelitian ini dilaksanakan pada pengusaha bibit ikan nila di Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser yang berkerjasama dengan UPTD Perikanan Budidaya Air Tawar Kambitin – Nalui dengan menggunakan metode snow ball sampling untuk mendapatkan respondennya. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 2 saluran pemasaran yaitu: 1) pembudidaya-pengepul-konsumen akhir. 2) pembudidaya-pengepul-pengecer-konsumen akhir. Berdasarkan hasil perhitungan, margin pemasaran yang di dapat adalah Rp 300/ekor dan Rp 600/ekor dengan farmer’s share sebesar 40% dan 25%. Dari kedua saluran pemasaran tersebut menunjukkan bahwa saluran pemasaran yang terjadi belum efisien karena margin pemasaran yang tinggi dan farmer’s share yang rendah, akan tetapi jika dibandingkan yang mana yang lebih efisien maka saluran pemasaran 1 lah yang paling efisien.

