Hubungan antara Penggunaan Aplikasi Tiktok dengan Identitas Diri pada Remaja di SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda
Abstract
Latar Belakang : Saat ini, TikTok menjadi salah satu platform media sosial yang diminati oleh berbagai kalangan usia terutama di kalangan remaja. Dengan berbagai macam informasi yang ada pada Tiktok tentu saja para remaja akan semakin mencari, melihat, dan bahkan mencoba meniru informasi-informasi yang telah didapat di lingkungan terdekat maupun lingkungan media sosial. Sehingga hal-hal yang diserap remaja tentu saja semakin mempengaruhi pembentukan konsep diri remaja terutama Identitas diri remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara penggunaan aplikasi TikTok dengan identitas diri remaja di SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Kota Samarinda. Metode : Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner sesuai dengan kriteria sampel yang ditentukan. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 120 responden. Hasil : Berdasarkan uji statistik dengan menggunakan chi-square diperoleh nilai signifikan 0,460 > 0,05 yang berarti Ha ditolak dan Ho diterima sehingga disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan aplikasi TikTok dengan identitas diri remaja di SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Kota Samarinda. Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan antara penggunaan aplikasi TikTok dengan Identitas diri remaja di SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samainda.

