Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Pertolongan Pertama Fraktur Dialam Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan pada Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Abstract
Pendidikan kesehatan merupakan bentuk tindakan mandiri keperawatan untuk membantu klien baik individu maupun kelompok. Pendidikan kesehatan mengenai pertolongan pertama pada kecelakaan dialam bisa sangat dibutuhkan diberbagai keadaan darurat seperti keadaan cuaca, medan yang curam, dan gigitan ular. Fraktur merupakan istilah hilangnya kontinuitas tulang, baik bersifat total maupun sebagian yang ditentukan berdasarkan jenis dan luasnya. Fraktur adalah patah tulang yang biasanya disebabkan oleh trauma atau tenaga fisik. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang pertolongan pertama fraktur dialam terhadap pengetahuan dan keterampilan pada mahasiswa pencinta alam Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Desain penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan one-group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian adalah mahasiswa pencinta alam universitas muhammadiyah Kalimantan timur sebanyak 21 responden. Uji hipotesis untuk tingkat pengetahuan dalam penelitian ini menggunakan Uji T (Paired T Test) dan mendapatkan hasil (p-value = 0.000 < a = 0.05). Untuk tingkat keterampilan dalam penelitian ini menggunakan Uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan mendapatkan hasil (p-value = 0.000 < a = 0.05). kesimpulannya maka pendidikan kesehatan pertolongan pertama fraktur dialam memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan dan keterampilan pada mahasiswa pencinta alam Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

