Pengaruh Edukasi Kesehatan dengan Menggunakan Media Game Ular Tangga Terhadap Pengetahuan dan Sikap dalam Mencegah Penggunaan Napza pada Remaja SMP 9 Samarinda
Abstract
Penyalahgunaan NAPZA sangat banyak terjadi pada kalangan remaja disebabkan berbagai faktor salah satunya karena kurangnya pengetahuan mengenai dampak negatif NAPZA mulai dari dampak terhadap fisik, sosial, ekonomi, psikologis bahkan dapat mengancam nyawa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman remaja tentang NAPZA, melalui media edukasi kesehatan berupa film pendek Desain penelitian ini akan menggunakan kuantitatif dengan pendekatan pra experiment yaitu pre test dan post test pada 5 kelompok intervensi yaitu kelompok intervensi edukasi kesehatan melalui media scribing (video animasi tulis tangan), animasi, film pendek, audiovisual, dan ular tangga tentang NAPZA. Populasi pada penelitian adalah Siswa SMPN Samarinda kelas 8 sebanyak 227 dan sampel yang digunakan dengan menggunakan teori Borg & Gall sebanyak 15-30 tiap kelompok intervensi. Analisis bivariat akan menggunakan uji wilcoxon untuk semua kelompok intervensi.

