• English
    • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Indonesia 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Science and Technology
  • School of Mechanical Engineering
  • S1 Final Project
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Science and Technology
  • School of Mechanical Engineering
  • S1 Final Project
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Variasi Suhu Lingkungan terhadap Kepekatan Gas Buang pada Unit Excavator PC 50

Thumbnail
View/Open
COVER (1.047Mb)
BAB 1 (519.7Kb)
BAB 2 (627.0Kb)
BAB 3 (529.0Kb)
BAB 4 (493.4Kb)
DAFTAR PUSTAKA (373.2Kb)
LAMPIRAN (1.027Mb)
SKRIPSI (1.860Mb)
Date
2025-01-15
Author
Saputra, Muhammad Rizky Nur
Metadata
Show full item record
Abstract
Riset ini dimaksudkan guna mengidentifikasi pengaruh dari variasi suhu lingkungan atas kepekatan gas buang pada unit excavator PC-50. Suhu lingkungan mmapu memberikan pengaruh kinerja mesin serta emisi gas buang yang diperoleh dari kendaraan bermotor, termasuk excavator. Dalam penelitian ini, variasi suhu lingkungan diuji dengan melakukan pengukuran kepekatan gas buang (karbon monoksida, karbon dioksida, oksida nitrogen, dan partikel) pada beberapa kondisi suhu yang berbeda. Metode penelitian menggunakan pendekatan eksperimental, dengan pengukuran gas buang menggunakan alat detektor emisi yang dilakukan pada unit excavator PC-50 yang beroperasi di lapangan pada berbagai kondisi suhu lingkungan. Data yang diperoleh dianalisis untuk mengidentifikasi hubungan antara suhu lingkungan dan kepekatan gas buang yang dihasilkan oleh mesin excavator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi suhu lingkungan berpengaruh signifikan terhadap kepekatan gas buang, dengan suhu yang lebih tinggi cenderung meningkatkan emisi gas tertentu, sementara suhu yang lebih rendah dapat menurunkan efisiensi pembakaran dan menghasilkan kepekatan gas buang yang dominan tinggi. Hasil temuan ini menyumbangkan pemahaman yang berharga sebagai upaya pengelolaan emisi pada kendaraan berat, serta dapat menjadi dasar untuk perbaikan sistem kontrol emisi pada excavator. Riset ini juga diharap mampu menyumbangkan andil terhadap perkembangan kebijakan terkait pengendalian emisi dan pengoptimalan kinerja mesin dalam kondisi lingkungan yang bervariasi.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/5223
Collections
  • S1 Final Project
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback