• English
    • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Indonesia 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Science and Technology
  • School of Civil Engineering
  • S1 Final Project
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Science and Technology
  • School of Civil Engineering
  • S1 Final Project
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal tidak Simetris pada Simpang Karang Paci Kota Samarinda Berdasarkan PKJI 2023 dengan Visualisasi Menggunakan Aplikasi PTV VISSIM

Thumbnail
View/Open
COVER (1.376Mb)
BAB 1 (325.6Kb)
BAB 2 (1.731Mb)
BAB 3 (1.361Mb)
BAB 4 (317.1Kb)
DAFTAR PUSTAKA (321.2Kb)
LAMPIRAN (1.483Mb)
SKRIPSI (4.732Mb)
Date
2025-01-16
Author
Alfhatanah
Metadata
Show full item record
Abstract
Masalah transportasi di kota Samarinda merupakan suatu gejala yang perlu diperhatikan dan harus segera ditangani dengan baik. Karang Paci merupakan kawasan dengan volume lalu lintas yang tinggi, khususnya di area persimpangan. Keberadaan berbagai jenis kendaraan seperti mobil pribadi, sepeda motor, dan aktivitas ekonomi informal seperti pedagang kaki lima di sekitar persimpangan semakin memperparah kondisi kemacetan, sehingga sering terjadi penundaan perjalanan dan bahkan kecelakaan. Evaluasi sistem lalulintas diperlukan untuk mengevaluasi simpang yang menjadi titik kemacetan. Dalam proses evaluasi, yang menjadi acuan untuk mengukur tingkat efektivitas dari kinerja simpang adalah Pedoman Kinerja Jalan Indonesia (PKJI) 2023, yang dimana dilakukan pengambilan data eksisting, velume kendaraan dan dilanjutkan menggunakan perhitungan sesuai dengan PKJI 2023. Setelah diketahui nilai dari kapasitas simpang(C) sebesar 331,4 SMP/Jam, derajat jenuh (DJ) 1,18, panjang antrian (PA) 157 m, kendaraan terhenti (NKH) 1469,7 dan waktu tundaan(T) sebesar 143,6 det/SMP maka, tingkat pelayanan lalu – lintas pada simpang mendapat nilai F yang dimana nilai tersebut sangat buruk. Simulasi lalu – lintas dilakukan menggunakan aplikasi PTV VISSIM.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/5241
Collections
  • S1 Final Project

Related items

Showing items related by title, author, creator and subject.

  • Analisis Preservasi Rehabilitasi Jalan Secara Long Segment pada Ruas Jalan Simpang Blusuh – Simpang 3 Damai 

    Ramadhanti, Malini Desiana; Yatnikasari, Santi (Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2022-01-10)
    Kurangnya pengawasan beban kendaraan pada Jalan di Kabupaten Kutai Barat mempunyai permasalahan umum yaitu dengan kondisi struktural maupun kondisi fungsional jalannya yang sering mengalami kerusakan. Kerusakan Jalan ini ...
  • Evaluasi Simpang tak Bersinyal menggunakan PTV Vissim (Studi Kasus : Simpang Tiga Jalan P.M Noor dan D.I Jalan Panjaitan Kota Samarinda) 

    Karno, La (Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2024-07-19)
    Simpang tiga bersinyal dibuat untuk meningkatkan kelancaran pergerakan dan mengurangi benturan atau konflik antara pengguna jalan. Namun banyaknya persimpangan di kota-kota besar seperti Samarinda dapat menimbulkan masalah ...
  • Evaluasi Kinerja Simpang tak Bersinyal menggunakan Software PTV Vissim berdasarkan PKJI 2023 (Studi Kasus : Simpang Vorvo Jl. Letnan Jend. Suprapto Samarinda) 

    Sukardi (Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2024-07-19)
    Persimpangan merupakan titik temu vital dalam jaringan raya yang seringkali menjadi sumber beragam kendala dalam arus lalu lintas. Tingginya volume kendaraan di area persimpangan dapat mengakibatkan penurunan kapasitas, ...
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback