S1 Final Project: Recent submissions
Now showing items 1-20 of 64
-
Pengaruh Penggunaan Air Alkali pH 9,5 terhadap Kuat Tekan Beton Sampai dengan Umur 90 Hari
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2024-01-15)Air merupakan faktor penting dalam campuran beton sebagai pengikat hidrolik. Secara umum air yang digunakan untuk mencampur beton adalah air dengan pH 7. Dalam penggunaan air pH dalam campuran beton mengacu pada tingkat ... -
Analisis Volumetrik Beton Aspal dengan Filler Fly Ash dan Filler Limbah Serbuk Kaca terhadap Genangan Air Laut
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2024-01-16)Penelitian ini menginvestigasi volumetrik karakteristik campuran aspal AC-WC dengan penambahan filler fly ash menggunakan metode replikasi penetrasi lokal air laut. Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi pengaruh ... -
Analisis Kinerja Lalu Lintas Jalan Pangeran Suryanata Berdasarkan Kapasitas Jalan
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2024-01-19)Jalan Pangeran Suryanata merupakan jalan yang menghubungkan Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda dan Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara. Jalan ini setiap harinya ramai dengan segala jenis kendaraan yang ... -
Penggunaan Metode Critical Path Method (CPM) untuk Evaluasi Penjadwalan Waktu Proyek Pembangunan Drainase di Jalan Pemuda 1
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2024-01-15)Penjadwalan proyek merupakan salah satu cara dalam pengelolaan proyek, mengenai penentuan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan kegiatan proyek secara efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penjadwalan ... -
Pengaruh Lama Rendam Air Laut Sebatik Menggunakan Aspal Karet dan Aspal Pen 60/70 Berdasarkan Uji Marshall
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2024-01-16)Penggunaan aspal pen 60/70 terhadap variasi lama rendaman air laut dalam pengujian marshall merujuk pada karakteristik campuran dalam menciptakan perkerasan yang tahan lama. Tujuan dari penelitian ini untuk mengevaluasi ... -
Pemeriksaan Kekuatan Batu dari Kuari di Kota Samarinda untuk Agregat Kasar Beton
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2023-07-03)Wilayah di Kalimantan Timur telah resmi ditetapkan menjadi Ibu Kota Negara (IKN) baru Negara Kesatuan Republik Indonesia setelah disahkannya Undang-undang nomor 3 Tahun 2022 tentang ibu kota Negara baru. Pembangunan ... -
Analisa Penggunaan Biopori di Perumahan Griya Mukti Sejahtera Kota Samarinda
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2023-07-03)Biopori adalah Lubang Resapan Biopori (LRB) lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah dengan diameter 10-30 cm dan kedalaman 100 cm dan diisi dengan sampah organik. Dari data yang telah didapatkan kemudian ... -
Eksperimen Kuat Tekan Beton Model Prisma Berongga
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2023-07-11)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lubang dengan variasi diameter pipa terhadap kekuatan tekan kolom beton model prisma berongga. Dalam penelitian ini, digunakan simulasi beton tak bertulang model prisma ... -
Pengaruh Penambahan AM 78 Concrete Additive terhadap Kuat Tekan Beton Normal
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2023-07-06)Seiring waktu, penggunaan beton untuk berbagai jenis struktur bangunan menjadi semakin umum. Hal ini dikarenakan beton memiliki berbagai keunggulan seperti kekuatan yang tinggi, perawatan yang rendah dan dapat dicor dalam ... -
Kajian Sifat Fisik dan Mekanik Kayu Galam (Melaleuca Cajuputi) dalam Pemanfaatannya sebagai Perancah Konvensional
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2022-01-05)Indonesia khususnya pulau kalimantan mempunyai hasil hutan yang sangat melimpah, salah satunya adalah kayu. Material kayu yang digunakan sebagai material konstruksi yaitu dalam penggunaannya memerlukan perhitungan struktur ... -
Pengaruh Penggunaan Kapur sebagai Penambahan Filler pada Campuran Aspal AC-BC
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2022-07-07)Kebutuhan akan prasarana jalan untuk memudahkan dalam kegiatan transportasi membuat penelitian terhadap perkerasan jalan semakin meningkat, hal itu merupakan upaya dalam meningkatkan kualitas jalan sehingga meminimalisir ... -
Pemeriksaan Kuat Tekan dengan Rasio H/D pada Kayu Galam (Melaleuca Cajuputi) untuk Standarisasi Pengujian
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2023-01-20)Sumber daya alam di Indonesia sangatlah melimpah khususnya kayu. Pemanfaatan kayu sebagai salah satu bahan material dalam kegiatan konstruksi masih banyak ditemukan sebagai salah satu material konstruksi. Di Indonesia ... -
Analisis Tingkat Keselamatan Lalu Lintas di Kecamatan Samarinda Ilir
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2023-07-11)Tingkat keselamatan lalu lintas merupakan permasalahan lalu lintas baik di dunia, di Indonesia, sampai ke Kota Samarinda. Semakin padat dan banyaknya pergerakan arus lalu lintas pada ruas jalan maka semakin meningkat potensi ... -
Pengaruh Penggunaan Filler Abu Sekam Padi dan Pasir Pantai sebagai Pengganti Agregat Halus pada Pekerasan Laston AC-WC
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2023-07-07)Indonesia terus mengalami peningkatan dalam prasarana transportasi darat seperti jalan seiring meningkatnya jumlah kendaraan. Kontruksi jalan akan menerima beban lalu lintas, dengan pekerasan jalan diharapkan kontruksi ... -
Pengaruh Filler Bunga Pinus pada Perkerasan AC – WC dengan Menggunakan Aspal Karet
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2023-07-07)Infrastruktur di Indonesia berkembang khususnya pada bidang konstruksi jalan. Konstruksi jalan merupakan aspek pendukung penting bagi pertumbuhan ekonomi, tetapi banyaknya kerusakan yang ada di Provinsi Kalimantan Timur ... -
Pengaruh Subtitusi Zat Tambahan Sikacim Concrete Additive terhadap Nilai Kuat Tekan Beton
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2023-07-06)Aditif SikaCim beton digunakan untuk mempercepat pengeringan dan meningkatkan kuat tekan beton. Pada penelitian ini akan dibandingkan kuat tekan beton yang mengandung Sikacim Concrete Additive dan beton biasa dengan kuat ... -
Modifikasi Lapisan (AC-WC) dengan Filler Laterit dan Pasir Pantai sebagai Agregat Halus terhadap Karakteristik Marshall
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2023-06-05)Jalan merupakan tulang punggung suatu kawasan dalam menyalurkan beban penumpang barang dan jasa, dan juga merupakan bagian dari infastruktur guna membuka daerah yang terisolir, untuk pertahanan nasional dan untuk pengembangan ... -
Analisis Struktur Atas Jembatan Loa Haur dengan Metode Rating Factor berdasarkan SNI 1725:2016
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2023-07-05)Jembatan merupakan salah satu prasarana transportasi terlebih di Kalimantan mempunyai banyak anak sungai sehingga tidak sedikit terdapat jembatan salah satunya adalah Jembatan Loa Haur dibangun pada tahun 1992, terletak ... -
Pengaruh Penggunaan Batu Gamping Loa Lepu pada Campuran Beton terhadap Kuat Tekan Beton
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2023-01-20)Desa Loa Lepu terletak di Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur, Negara Republik Indonesia. Desa Loa Lepu terletak di dalam yurisdiksi Kecamatan Tenggarong dan dikenal dengan ... -
Pemanfaatan Material Lokal Kalimantan Timur sebagai Material Campuran Beton Ditinjau dari Kuat Tekan
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2023-01-20)Pembuatan beton untuk konstruksi telah menggunakan berbagai macam metode atau inovasi. Inovasi ini bertujuan untuk menurunkan biaya material beton sekaligus agar dapat meningkatkan kekuatan beton. Agar dapat memastikan ...