Hubungan antara Waktu Tunggu Pelayanan dan Ketersediaan Obat terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2018
Abstract
Latar Belakang : Data kunjungan pasien menjadi penting dalam pelayanan kesehatan, karena dapat menggambarkan angka kepuasan pasien. Kepuasan pasien yang menurun akan menjadi masalah bagi sarana pelayanan kesehatan. Hal ini dapat terjadi karena dua faktor yaitu faktor eksternal maupun faktor internal dan kepuasan pasien juga berkaitan dengan waktu tunggu pelayanan obat dan ketersediaan obat sesuai dengan tujuan penelitian. Tujuan : Mengetahui hubungan antara waktu tunggu pelayanan obat dan ketersediaan obat terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara. Metode : Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif dengan desain crossectional, sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Accidental Sampling dengan jumlah 94 responden, dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara waktu tunggu pelayanan obat dengan kepuasan pasien (P-value = 0,033 ; OR = 0,368) serta ada hubungan antara ketersediaan obat dengan kepuasan pasien (P-valueI = 0,029 ; OR = 2.799). Kesimpulan : Ada hubungan antara waktu tunggu pelayanan obat dan ketersediaan obat terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara.