Pengaruh Net Profit Margin dan Earning Per Share terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Perkembangan pada perusahaan dilihat dari harga saham yang naik turun yang ditentukan oleh banyaknya permintaan dan penawaran dari para investor. Untuk menentukan baik buruknya perkembangan perusahaan dapat dilihat dari data keuangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Net Profit Margin dan Earning Per Share terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam pengamatan tahun 2014 s/d 2016. Sampel dari penelitian ini terdiri dari 30 (tiga puluh) sampel pada 10 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam pengamatan tahun 2014 s/d 2016 dengan purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel. Data yang digunakan merupakan data sekunder dan metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier bergandadengan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22.0untuk menguji pengaruh variable bebas terhadap variable terikat. Dengan Perkembangan pada perusahaan dilihat dari harga saham yang naik turun yang ditentukan oleh banyaknya permintaan dan penawaran dari para investor. Untuk menentukan baik buruknya perkembangan perusahaan dapat dilihat dari data keuangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Net Profit Margin dan Earning Per Share terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam pengamatan tahun 2014 s/d 2016. Sampel dari penelitian ini terdiri dari 30 (tiga puluh) sampel pada 10 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam pengamatan tahun 2014 s/d 2016 dengan purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel. Data yang digunakan merupakan data sekunder dan metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier bergandadengan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22.0untuk menguji pengaruh variable bebas terhadap variable terikat. Dengan hipotesis uji t untuk melihat t pengaruh parsial, uji f untuk melihat pengaruh simultan dan koefisien determinasi untuk melihat kemampuan variable bebas dalam menjelaskan variabel terikat. Hasil penelitian ini adalah variabel Net Profit Margin dan variabel Earning Per Share secara parsial maupun secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat (hargasaham).