• English
    • Bahasa Indonesia
  • English 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Health
  • School of Public Health
  • S1 Final Projects
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Health
  • School of Public Health
  • S1 Final Projects
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan di Puskesmas Loa Ipuh Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2018

Thumbnail
View/Open
NP KESMAS 2018 ST. FATIMAH.pdf (588.9Kb)
Date
2018-08-10
Author
Fatimah, St
Wahyuni, Marjan
Metadata
Show full item record
Abstract
Latar Belakang:Data kunjungan pasien penting dalam layanan kesehatan, karena dapat menggambarkan tingkat kepuasan pasien. Kepuasan pasien yang menurun akan menjadi masalah bagi fasilitas perawatan kesehatan. Hal ini dapat terjadi karena dua faktor: Faktor eksternal serta faktor internal dan kepuasan pasien juga terkait dengan kualitas layanan yang diberikan sesuai dengan tujuan penelitian. Tujuan Penelitian:Tentukan apakah ada hubungan antara kualitas layanan dan kepuasan pasien dengan pengguna BPJS di Loa Ipuh Tenggarong Health Center pada tahun 2018. Metode penelitian:Penelitian kuantitatif, dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan pada pasien yang menggunakan BPJS di Puskesmas Loa Ipuh Tenggarong yang berjumlah 91 responden. Menggunakan teknik sampling insidental dengan uji statistik chi-square. Hasil penelitian:Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara pelayanan yang berkualitas dimensi keandalan p-value = 0,045 tanggap dimensi p-value = 0,049 jaminan p-value dimensi = 0,009 dimensi empati p-value = 0.028 dan nyata dimensi p-value = 0.028 dengan kepuasan pasien. Kesimpulan:Ada hubungan yang signifikan secara statistik dengan p-value 0,000 dalam setiap dimensi kualitas layanan (keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan fisik) dengan kepuasan pengguna BPJS.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/718
Collections
  • S1 Final Projects
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback