• English
    • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Indonesia 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Health
  • School of Public Health
  • S1 Final Projects
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Health
  • School of Public Health
  • S1 Final Projects
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Tingkat Kepuasan Pasien BPJS dan Non BPJS Kesehatan di Puskesmas Rapak Mahang Kabupaten Kutai Kartanegara

Thumbnail
View/Open
NP KESMAS 2018 ULFA LUTFIANI.pdf (572.8Kb)
Date
2018-08-08
Author
Lutfiani, Ulfa
Hansen, Hansen
Metadata
Show full item record
Abstract
Latar Belakang: Kualitas pelayanan kesehatan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien. Pada tahun 2014 menunjukkan angka kepuasan masyarakat sebesar 69,36%. Pada tahun 2015 di periode I menunjukkan angka sebesar 80,4% dan pada periode ke II yaitu 88,59% dengan rata-rata 84,49%. Pada tahun 2016 di periode I menunjukkan angka sebesar 79,27%. Sehingga dilakukan perbandingan pada periode I antara tahun 2015 dan 2016 mengalami penurunan dengan angka sebesar 1,13% (Indeks Kepuasan Masyarakat, 2016). Tujuan Penelitian: Mengetahui tingkat kepuasan pasien BPJS dan Non BPJS Kesehatan terhadap kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Rapak Mahang Kabupaten Kutai Kartanegara. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode cross sectional, populasi BPJS dan Non BPJS di Puskesmas Rapak Mahang, sampel BPJS 87 pasien dan Non BPJS 89 pasien. Menggunakan teknik simple random sampling dengan uji statistic chi-square. Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan Terdapat pengaruh yang bermakna antara Kualitas Pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien BPJS Kesehatan di di Puskesmas Rapak Mahang (pvalue = 0,024<α = 0,05).Terdapat pengaruh yang bermakna antara Kualitas Pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien Non BPJS Kesehatan di Puskesmas Rapak Mahang (pvalue = 0,016<α = 0,05). Kesimpulan : Terdapat Pengaruh yang signifikan Kualitas Pelayanan terhadap tingkat Kepuasan Pasien BPJS dan Non BPJS Kesehatan di Puskesmas Rapak Mahang Kabupaten Kutai Kartanegaa
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/797
Collections
  • S1 Final Projects
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback