Pengaruh Media Promosi Gantungan Kunci terhadap Perubahan Pengetahuan Bahaya Merokok pada Siswa SMP Negeri 27 Samarinda
![Thumbnail](/bitstream/handle/463.2017/844/SKR%20SANUDDIN%20PUTRA%20JALANTI.pdf.jpg?sequence=5&isAllowed=y)
Date
2018-08-15Author
Jalanti, Sanuddin Putra
Oktaviani, Lisa Wahidatul
Metadata
Show full item recordAbstract
Latar Belakang : Menurut lembaga survey WHO tahun 2008 Indonesia menduduki peringkat ke-3 sebagai jumlah perokok terbesar di dunia, dan pada tahun 2011 Indonesia mencetak rekor jumlah perokok remaja tertinggi didunia sebanyak 13,2%. dan Kalimantan timur masih termasuk dari 5 wilayang di Indonesia sebesar (52,2%). Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMP Negeri 27 tercatat dari Agustus 2017 sampai dengan 28 September 2017 33 kasus. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui Pengaruh media promosi gantungan kunci terhadap perubahan pengetahuan bahaya merokok pada siswa SMP Negeri 27 Samarinda. Metode Penelitian : Penelitian quasi experimental ini menggunakan metode pre-post test with control group design yang dilakukan pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 27 dan SMP Negeri 47 Samarinda dengan responden 50 Siswa untuk setiap kelompok. Hasil Penelitian : Berdasarkan hasil uji Wilcoxon Sign Rank Test yang telah dilakukan, diperoleh nilai P-Value sebesar 0,000, nilai ini lebih kecil dari taraf signifikan 0.05, sehingga terdapat pengaruh media gantungan kunci terhadap pengetahuan bahaya merokok siswa. Pada uji Mann-Whitney, skor pengetahuan Post-test antara kelompok intervensi dan kelompok control, yaitu dengan nilai p = 0.000 (<0.05) artinya ada perbedaan pengetahuan yang signifikan antara kedua kelompok saat Post-test. Kesimpulan : Gantungan kunci mempengaruhi perubahan pengetahuan bahaya merokok pada responden yang sangat signifikan.