Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di PUSKESMAS Wonorejo Samarinda Tahun 2018
Abstract
Latar Belakang Kepuasan merupakan ungkapan perasaan masyarakat yang muncul setelah membandingkan antara persepsi terhadap kinerja suatu produk. Mutu layanan yang berkaitan dengan kepuasan pasien ditentukan oleh lima unsur yang biasa dikenal dengan istilah mutu layanan “SERVQUAL” (responsiveness, assurance, tangible, empathy dan reliability). Mutu pelayanan kesehatan menunjukkan pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam menimbulkan rasa puas pada diri setiap pasien. Makin sempurna kepuasan tersebut, makin baik pula mutu pelayanan kesehatan. Tujuan Penelitian Tujuan penelitian ini yaitu Mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Wonorejo Samarinda. Metode Penelitian Jenis penelitian yang akan di gunakan dalam penelitian ini adalah metode survay analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang dengan metode pengambilan sampel yaitu accidentall sampling. Hasil Penelitian Menunjukkan hubungan kepuasan pasien dengan mutu pelayanan (reliability responsiveness, assurance, empathy dan tangible), diperoleh nilai reliability dengan kepuasan P=0,015, responsivenes dengan kepuasan P=0,018 , assurance dengan kepuasan P=0,017, empathy dengan kepuasan P=0,014 dan tangible dengan kepuasan P=0,014. Kesimpulan Terdapat hubungan antara mutu (reliability responsiveness, assurance, empathy dan tangible),pelayanan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Wonorejo.