• English
    • Bahasa Indonesia
  • English 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Health
  • School of Nursing
  • S1 Final Projects
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Health
  • School of Nursing
  • S1 Final Projects
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Perbandingan Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Cara Menyikat Gigi Antara Metode Simulasi dan Menonton Video terhadap Keterampilan Menyikat Gigi pada Murid TK B di TK It As-Salam Kecamatan Palaran, Kota Samarinda

Thumbnail
View/Open
Naskah Publikasi (476.4Kb)
Skripsi (2.103Mb)
Date
2015-08
Author
Sari, Dwi Rusma
Ramdan, Iwan M.
Hidayat, Faried Rahman
Metadata
Show full item record
Abstract
Latar Belakang: Penyuluhan atau Pendidikan Kesehatan Gigi (PKG) adalah suatu proses belajar yang ditujukan kepada individu dan kelomkpok masyarakat untuk mencapai derajat kesehatan gigi yang setinggi-tingginya. Menyikat gigi adalah salah satu cara yang efektif untuk membersihkan gigi dari sisa makanan dan kotoran. Pengetahuan penyikatan gigi sangat penting untuk diberikan kepada anak-anak. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pengaruh pendidikan kesehatan tentang cara menyikat gigi antara metode simulasi dan menonton video terhadap keterampilan menyikat gigi pada murid TK B di TK IT As-Salam Kecamatan Palaran, Kota Samarinda Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasy Experiment Design (eksperimen semu) dengan menggunakan rancangan Non Equivallent Control Group. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling, dengan jumlah responden 17 anak pada Kelompok Simulasi dan 17 anak pada Kelompok Video. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Analisa data menggunakan uji Paired T Test dan uji T Independen, dengan CI= 95% dan α= 5%. Hasil Penelitian: Hasil uji Paired T Test menunjukkan metode simulasi dan menonton video meningkatkan skor keterampilan menyikat gigi secara bermakna. Analisis sebelum dan sesudah pemberian pendidikan kesehatan metode simulasi menunjukkan p-value= 0.000< 0.05. Analisis sebelum dan sesudah pemberian pendidikan kesehatan metode simulasi menunjukkan p-value= 0.000< 0.05. sedangkan hasil analisa uji T Independen, pada metode simulasi dan menonton video menunjukkan p-value= 0.048< 0.05. Kesimpulan: Ada perbedaan yang bermakna rerata skor keterampilan menyikat gigi antara kelompok simulasi dan kelompok video. Saran: Disarankan untuk mengaplikasikan ke 2 metode ini dalam melakukan pendidikan kesehatan khususnya untuk menyikat gigi
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/888
Collections
  • S1 Final Projects
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback