• English
    • Bahasa Indonesia
  • English 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Health
  • School of Public Health
  • S1 Final Projects
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Health
  • School of Public Health
  • S1 Final Projects
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Penyuluhan dengan Metode Ceramah dan Demonstrasi Menggunakan Poster Terhadap Peningkatan Perilaku Cuci Tangan pada Siswa di SDN 015 Samarinda

Thumbnail
View/Open
Naskah Publikasi (967.2Kb)
Skripsi (1.233Mb)
Date
2016-06
Author
Rusmiyati, Rusmiyati
Ghozali, Ghozali
Metadata
Show full item record
Abstract
Latar Belakang : Membudayakan cuci tangan pakai sabun (CTPS) merupakan kebiasaan sepele namun bermanfaat besar bagi manusia. Kurangnya perhatian terhadap CTPS dipengaruhi oleh pengetahuan dan sikap seseorang, sehingga ia tidak melakukan praktik CTPS tersebut. Tingkat pengetahuan, sikap dan praktik seseorang biasanya dipengaruhi oleh berbagai media seperti koran, majalah, televisi, film, iklan, poster dan jejaring sosial.Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penyuluhan dengan metode ceramah dan demonstrasi menggunakan media poster terhadap pengetahuan, sikap dan praktik CTPS pada siswa kelas V di SDN 015 Samarinda tahun 2016.Metode : Desain penelitian eksperimen dengan jenis desain pre experiment design bentuk rancangan one group pretest posttest. Tenik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling dan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 33 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan koesioner untuk pengetahuan dan sikap terhadap CTPS serta menggunakan lembar observasi untuk praktik CTPS.Hasil Penelitian : Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan uji Wilcoxon Sign Rank Test, terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan, sikap dan praktik CTPS menunjukkan p value 0,000 pada siswa kelas V di SDN 015 Samarinda.Kesimpulan : Terdapat pengaruh yang signifikan penyuluhan dengan metode ceramah dan demonstrasi menggunakan media poster terhadap pengetahuan, sikap dan praktik CTPS pada siswa kelas V di SDN 015 Samarinda tahun 2016.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/1033
Collections
  • S1 Final Projects
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback