Hubungan Kecerdasan Spiritual dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa Tingkat III Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Samarinda
View/ Open
Date
2016-06-01Author
Wahid, M. Aditya Ridhwan
Sukamto, Edi
Masnina, Rusni
Metadata
Show full item recordAbstract
Latar belakang, Saat dilakukan studi pendahuluan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Samarinda pada mahasiswa tingkat III, peneliti mewawancarai 10 Mahasiswa. Hasil yang di dapatkan Mahasiswa 3 mengatakan melakukan salat tepat waktu dan nilai IPK Mahasiswa yang mengatakan salat tepat waktu 3,25, 3,30, 3,80 dan 7 Mahasiswa mengatakkan tidak melakukan salat tepat waktu karena malas dan lapar sehingga mahasiswa mementingkan untuk pergi ke kantin dan nilai IPK Mahasiswa tidak melakukkan salat tepat waktu adalah 2,25, 2,70, 2,75, 2,95, 3,00, 3,18, 3,38.
Tujuan penelitian, Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar pada Mahasiswa tingkat III Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Samarinda.
Metodologi penelitian, Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Populasi pada penelitian ini berjumlah 253 responden. Pemilihan sampel menggunakan teknik proportionate stratified Random Sampling. Sampel berjumlah 72 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuosioner. Penelitian ini menggunakan uji statistic korelasi chi-square.
Hasil dan kesimpulan peneitian, Dari hasil analisis statistic Chi-square menunjukkan ada hubungan bermakna antara kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar dengan nilai p = 0,002 < α 0,05, sehingga Ha diterima. Artinya ada hubungan signifikan (bermakna) antara kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar pada mahasiswa tingkat III stikes muhammadiyah samarinda.