Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Kreativitas Anak Usia 4-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Purnama Desa Prangat Selatan
View/ Open
Date
2016-07-02Author
Hidayah, Rizky Nurul
Satria, Andri Praja
Winarti, Yuliani
Metadata
Show full item recordAbstract
Latar Belakang, pola asuh merupakan cara orang tua dalam menerapkan aturan, mengejarkan nilai atau norma, memberikan perhatian dan kasih sayang serta menunjukkan sikap dan perilaku. Penerapan pola asuh otoriter atau negatif terhadap diri anak dapat berakibat kurangnya keterampilan, motivasi, kompetensi sosial dan kemampuan mengatasi masalah sehingga anak mudah mengalami stress. Kreativitas merupakan salah satu potensi yang dimiliki anak yang perlu dikembangkan sejak usia dini, sehingga dalam hal ini perlu dilakukan penelitian mengenai hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan kreativitas anak.
Tujuan Penelitian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan anak usia 4-6 tahun di TK Purnama Desa Prangat Selatan tahun 2016.
Metodelogi Penelitian, penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan Cross sectional. Pemilihan sampel menggunakan metode total sampling yakni semua populasi dijadikan sebagai sampel dengan jumlah sebanyak 35 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner. Penelitian ini menggunakan uji statistik korelasi Chi-Square.
Hasil dan Kesimpulan Penelitian, hasil analisis statistik Chi-Square menunjukkan bahwa ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan kreativitas anak usia 4-6 tahun di TK Purnama Desa Prangat Selatan tahun 2016 dengan nilai p=0.002 < α = 0.05.