Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Personal Hygiene pada Anak Prasekolah di TK Melati Putih Kelurahan Bukuan Samarinda
View/ Open
Date
2016-06-28Author
Ulianingrum, Yuni
Dayanti, Maridi M.
Wiwin, Ni Wayan
Metadata
Show full item recordAbstract
Anak usia prasekolah adalah anak yang berada pada tahap pertumbuhan dan perkembangan yang berada dalam rentang 3-6 tahun. Salah satu tugas perkembangan anak usia prasekolah adalah kemandirian khususnya dalam personal hygiene. Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kemandirian anak adalah pola asuh orang tua. Pola asuh merupakan pola interaksi orang tua dan anak dengan suatu cara terbaik yang dapat ditempuh orang tua dalam mendidik anak sebagai perwujudan dari rasa tanggung jawab kepada anak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan kemandirian personal hygiene pada usia prasekolah di TK Melati Putih Kelurahan Bukuan. Desain penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif koleratif dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah orang tua yang memiliki anak usia prasekolah (3-6 tahun) di TK Melati Putih Kelurahan Bukuan. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling yaitu sebanyak 53 orang. Data primer diperoleh dari data hasil pengisian kuesioner yang dilakukan oleh ibu.
Perhitungan uji statistik dilakukan dengan menggunakan uji Chi Square. Hasil uji statistik diperoleh nilai p value = 0.002 < α = 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan kemandirian personal hygiene pada anak usia prasekolah di TK Melati Putih Kelurahan Bukuan. Sehingga kesimpulan dalam penelitian ini adalah : (1) Pola asuh orang tua sebagian besar adalah pola asuh demokratis, (2) Sebagian besar siswa TK Melati kelurahan Bukuan mandiri dalam personal hygiene, (3) Terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan kemandirian personal hygiene pada anak usia prasekolah di TK Melati Putih Kelurahan Bukuan. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah perlu dilakukan penelitian lebih lanjut, dengan memperhatikan faktor-faktor lain yang mempengaruhi pembentukan kemandirian personal hygiene pada anak dan juga faktor lain yang mempengaruhi pola asuh orang tua.