Hubungan Keaktifan Berorgansasi dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa Tingkat II Dan III Program Studi S1 Keperawatan di STIKES Muhammadiyah Samarinda Tahun 2015/2016
View/ Open
Date
2016-08-01Author
Safitri, Eka Darma
Dirdjo, Maridi M.
Masnina, Rusni
Metadata
Show full item recordAbstract
Latar Belakang : Organisasi merupakan wahana dan sarana pengembangan diri mahasiswa ke arah perluasan wawasan peningkatan ilmu dan pengetahuan, serta integritas kepribadian mahasiswa. Organisasi kemahasiswaan juga sebagai wadah pengembangan kegiatan ekstrakulikuler mahasiswa diperguruan tinggi yang meliputi pengembangan penalaran, keilmuan, minat, bakat dan kegemaran mahasiswa itu sendiri (Sudarman, 2004).
Prestasi adalah tingkat keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam sebuah program (Syah, 2010).
Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara keaktifan berorganisasi dengan prestasi belajar pada mahasiswa tingkat II dan III program studi S1 keperawatan di STIKES Muhammadiyah Samarinda.
Metode : Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian desktiptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dengan cara total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 90 responden. Teknik ini pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Pengolahan data dan analisa data bivariat dengan uji Chi Square (X2) dengan alfa 5%.
Kesimpulan : Ada hubungan yang bermakna antara keaktifan dalam organisasi dengan prestasi belajar (IPK) pada mahasiswa tingkat II dan III program studi S1 keperawatan di STIKES Muhammadiyah Samarinda dengan p value = 0.029 > α = 0.05 dan hasil Odds Ratio 2.908, artinya mahasiswa yang aktif berogranisasi berpeluang 3 kali untuk mendapat prestasi cumlaude-memuaskan dibandingkan mahasiswa yang tidak aktif dalam organisasi.