• English
    • Bahasa Indonesia
  • English 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Health
  • School of Nursing
  • S1 Final Projects
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Health
  • School of Nursing
  • S1 Final Projects
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Pelatihan Senam Otak terhadap Keseimbangan Tubuh Remaja Kelas Xl di SMA Negeri 8 Samarinda

Thumbnail
View/Open
Skripsi (2.996Mb)
Date
2016-06-30
Author
Arisandy, M. Yunus
Hidayat, Faried Rahman
Damaiyanti, Mukhripah
Metadata
Show full item record
Abstract
World Health Organitazion (2003) menyatakan remaja mencakup individu dengan usia 10-19 tahun. Hasil penelitian dari RISKESDAS (2007) diketahui 54,7% remaja usia 16-19 tahun memiliki aktifitas fisik yang kurang. Aktifitas fisik yang kurang banyak terdapat di daerah perkotaan, dan pada tingkat sosial ekonomi tinggi. Jonathan (2009) kurangnya aktifitas fisik dapat menyebabkan gangguan keseimbangan. kemunduran aktivitas fisik dikarenakan gaya hidup yang kurang baik. Dari hasil studi pendahuluan di SMA Negeri 8 Samarinda, peneliti mewawancara kepada 15 responden remaja usia 16-17 tahun (kelas XI), mendapatkan data 9 (60%) remaja tidak melakukan aktifitas fisik seperti berolahraga, sedangkan 8 (40%) remaja menyatakan melakukan aktifitas fisik seperti berolahraga tetapi tidak rutin setiap minggu. Dari data diatas peneliti tertarik untuk melakuan penelitian yang berjudul “Pengaruh pelatihan senam otak terhadap keseimbangan tubuh remaja di SMA Negeri 8 Samarinda”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan senam otak terhadap keseimbangan tubuh pada remaja kelas XI di SMA Negeri 8 Samarinda. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment design Pre dan Post yang dilakukan pada subjek 40 orang siswa berusia 15-17 tahun. Instrumen penelitian menggunakan alat ukur keseimbangan atau Romberg Test yang digunakan dalam penelitian Annafisah (2012) dan telah terbukti valid dan reabel. Hasil penelitian membuktikan nilai P= 0,046 atau P < 0,05 pada kelompok kontrol pre test dan post test artinya terdapat pengaruh yang tidak signifikan dan bermakna. Sedangkan nilai P= 0,000 atau P < 0,05 pada kelompok perlakuan pre test dan post test artinya terdapat pengaruh yang bermakna dan signifikan, sehingga disimpulkan terjadi peninggkatan bermakna pada senam otak yang diberikan pada kelompok perlakuan yaitu 20 responden, sedangkan kelompok kontrol yang tidak diberikan senam otak ada perubahan secara statistik tetapi tidak signifikan yaitu 20 responden. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara statistik dan bermakna antara pelatihan senam otak terhadap keseimbangan tubuh pada remaja di SMA Negeri 8 Samarinda. Bagi tempat penelitian diharapkan senam otak dapat terus dilakukan secara rutin untuk membantu dalam perkembangan kognitif dan fisik
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/1818
Collections
  • S1 Final Projects
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback