Hubungan antara Kualitas Tidur dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Dan XI SMK Muhammadiyah 3 Samarinda
View/ Open
Date
2016-08-04Author
Fakhrurrijal, Ahmad
Sunarti, Sri
Yuliawati, Ratna
Metadata
Show full item recordAbstract
Latar Belakang: Gangguan tidur dapat memberikan beberapa dampak pada manusia. Ketika kurang tidur seseorang akan berpikir dan bekerja lebih lambat, membuat banyak kesalahan dan sulit mengingat sesuatu. Jumlah tidur juga sangat penting dan positif yang berkorelasi dengan kewaspadaan dan psikomotorik kewaspadaan. Fungsi tidur dalam membantu pemulihan kognitif memiliki peranan penting dalam proses belajar. Salah satu konsekuensi utama dari kurang tidur adalah mengantuk siang hari dan hasil yang tak terelakkan. Siswa yang mengalami gangguan pola tidur pada malam hari akan merasa lelah dan merasa mengantuk pada saat siang hari sehingga tidak konsentrasi dalam belajar dan menyebabkan nilai anak didik menurun.
Tujuan: Mengetahui hubungan antara kualitas tidur dengan prestasi belajar siswa kelas X dan XI SMK Muhammadiyah Samarinda.
Metode: Rancangan penelitian ini merupakan penelitian analitik menggunakan desain cross sectional. Pengambilan sampel dengan metode stratified propotional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 69 responden. Kualitas tidur diukur menggunakan kuesioner PSQI dan prestasi menggunakan rapor. Analisis statistik yang digunakan adalah uji Fisher Exact.
Hasil: Hasil uji Fisher Exact dengan nilai p 0.037 < 0.05 yang menunjukkan bahwa korelasi antara kualitas tidur dan prestasi belajar bermakna.
Kesimpulan: Ada hubungan antara kualitas tidur dengan prestasi belajar siswa kelas X dan XI di SMK Muhammadiyah 3 Samarinda.