Hubungan Lama Penggunaan dan Jarak Pandang Gadget dengan Ketajaman Penglihatan pada Anak Sekolah Dasar Kelas 2 dan 3 di SDN 027 Kota Samarinda
Abstract
Latar Belakang: Kelainan tajam penglihatan pada anak usia sekolah merupakan masalah kesehatan yang perlu diperhatikan karena penglihatan adalah salah satu faktor penting dalam proses belajar. Hal ini dapat terjadi akibat lama penggunaan dan jarak pandang gadget dengan tindakan yang tidak aman. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian mengenai hubungan lama penggunaan dan jarak pandang gadget dengan ketajaman penglihatan.
Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan lama penggunaan dan jarak pandang gadget dengan ketajaman penglihatan pada anak sekolah dasar kelas 2 dan 3 di SDN 027 Kota Samarinda.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan desain penelitian Cross Sectional. Metode pengambilan sampel mengunakan simple random sampling dengan teknik probability proportional to size (PPS) pada 98 sampel. Teknik analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat (Spearman Rank).
Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara lama penggunaan (p=0,815) dan jarak pandang gadget (p=0,317) dengan ketajaman penglihatan.
Kesimpulan: Tidak ada hubungan lama penggunaan dan jarak pandang gadget dengan ketajaman penglihatan pada anak sekolah dasar kelas 2 dan 3 di SDN 027 Kota Samarinda. Disarankan agar tetap memperhatikan faktor tersebut sesuai standar dan juga memperhatikan faktor lain misalnya intensitas pencahayaan dan posisi membaca yang mungkin menjadi penyebab kelainan ketajaman penglihatan.