Hubungan Gaya Kepemimpinan terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan di PUSKESMAS Long Ikis
Abstract
Latar belakang: Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama diharapkan mampu memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas, adil dan terjangkau.Terdapat beberapa unsur yang dapat berperan dalam penilaian mutu yaitu : unsur masukan (tenaga, dana, sarana, kepemimpinan), unsur dari lingkungan (peraturan dalam organisasi) dan unsur proses (pelayanan kesehatan baik medis maupun non medis).
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: Apakah Gaya Kepemimpinan Transformasional atau Transaksional yang berpengaruh pada mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Long Ikis.
Bentuk penelitian ini bersifat deskriptif analitik: Populasi penelitian ini adalah perawat pelaksana keperawatan di Puskesmas Long Ikis sebanyak 35 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan metode total sampling. Teknik untuk analisa data menggunakan korelasi Pearson, yang dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, yang semuanya saling berinteraksi.
Hasil dan kesimpulan: Pada penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Gaya Kepemimpinan Transformasional berhubungan secara signifikan terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Long Ikis dengan korelasi Pearson Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 dan korelasi 0,964 bernilai positif dan berhubungan sangat kuat (2) Gaya Kepemimpinan Transaksional tidak berhubungan secara signifikan terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Long Ikis dengan korelasi Pearson Sig.(2-tailed) 0,128 > 0,05 serta korelasi -,262, bernilai negatif dan berhubungan lemah.