Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Prasekolah : Literature Review
Abstract
Latar Belakang : Pada perkembangan teknologi penggunaan gadget di Indonesia sebanyak 79,7%, di Indonesia merupakan penggunaan gadget terbesar. Sehingga anak-anak di Indonesia setiap tahunnya penggunaan gadget pada anak-anak meningkat, banyak anak-anak menghabiskan waktunya untuk bermain game sebanyak 63% selama 30 sampai 60 menit dan bermain game lain lebih dari 1 jam. Sehingga ini dapat mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak. Tujuan : Untuk mereview jurnal-jurnal tentang hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan sosial emosional anak prasekolah. Metode : Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode literature review
Hasil : Kesimpulan yang di dapatkan dari literature review 9 jurnal ada hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan sosial emosional anak prasekolah dan 1 jurnal kurang berhubungan dengan penggunaan gadget dengan perkembangan sosial emosional anak prasekolah.