Hubungan antara Faktor Sosial Media dengan Pembentukan Karakter Berbasis Islami Pada Remaja di Fakultas Kesehatan dan Farmasi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Abstract
Latar Belakang : Kemajuan teknologi yang dapat mengakibatkan perubahan prilaku sosial remaja di lingkungan sosial. Efek yang dihasilkan dapat beragam mulai dari perubahan pandangan manusia terhadap interaksi sosial, budaya dan system kepercayaan, nilai-nilai agama dan bahkan tentang politik. kemudahan akses informasi yang didapatkan oleh remaja ini didukung oleh adanya fitur-fitur aplikasi media sosial yang diperoleh secara gratis di smartphone ataupun perangkat lainnya yang dapat dikoneksikan dengan jaringan internet, seperti Facebook, Twitter dan Instagram (S. Fitri, 2017), Whatsapp, Line (Supratman, 2018). Diperlukannya Penanaman karakter sejak dini penting dilakukan sebagai upaya untuk membangun dasar karakter dan moralitas sejak anak-anak hingga dewasa (’Aziz, 2017) dengan sifat-sifat Rasululullah yang sebaiknya diimplementasikan seperti, 1. Teguh pendirian, berani dan tabah, 2. Adil dan jujur, 3. Bijak dan cerdas, 4. Sabar, mampu menahan amarah dan pengampunan, 5. Kasih saying Rasulullah kepada makhluknya, 6. Zuhudnya Rasulullah, 7. Taat beribadah (Usiono, 2017)
Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara faktor sosial media dengan pembentukan karakteristik berbasis islami pada remaja di fakultas kesehatan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Metode Penelitian : Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional dan teknik pengambilan sampel menggunakan propotionate stratified random sampling, dengan menggunakan teknik analisis chi square. Sampel adalah mahasiswa fakultas kesehatan dan farmasi sebanyak 241 mahasiswa sebagai responden dengan total populasi 603 mahasiswa dan pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner.
Hasil Penelitian : hasil penelitian ini diperoleh nilai P value 0,032 < 0,05 berarti hipotesis null (H0) dotolak yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara factor sosial media dengan pembentukan karakter islami pada remaja fakultas kesehatan dan farmasi di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Diperoleh nilai odd ratio sebesar 1,807, artinya faktor sosial media yang baik 1,807 kali membentuk prilaku islami pada remaja fakultas kesehatan dan farmasi di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.
Kesimpulan : Terdapat hubungan yang bermakna antara medias sosial dengan pembentukan karakter islami pada remaja fakultas kesehatan dan farmasi Universitas Muhammadiiyah Kalimantan Timur dengan p-value 0.032 < 0.05, semua hasil ini diperoleh dari mahasiswa fakultas kesehatan dan farmasi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.