Gambaran Tingkat Pengetahuan Guru Terhadap Fungsi Unit Kesehatan Sekolah di Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Samarinda
View/ Open
Date
2017-07-28Author
Saputra, Muhammad Rizkar
Hidayat, Faried Rahman
Metadata
Show full item recordAbstract
Latar belakang: Program tentang pembinaan UKS di sekolah/satuan pendidikan luar sekolah dilaksanakan melalui tiga program pokok (TRIAS UKS) yang meliputi: Pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat. Pelayanan kesehatan merupakan upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang dilakukan secara serasi dan terpadu terhadap peserta didik pada khususnya dan warga sekolah pada umumnya, dibawah koordinasi guru pembina UKS dengan bimbingan teknis dan pengawasan puskesmas setempat.
Tujuan penelitian: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Gambaran Tingkat Pengetahuan Guru Terhadap Fungsi UKS Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Samarinda.
Metode penelitian: Rancangan penelitian ini adalah deskriptif yaitu penelitian dengan metode pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Samarinda, cara pengambilan sample dengan total sampling berjumlah 40 responden. Instrument penelitian yang digunakan adalah menggunakan kuesioner dan lembar observasi.
Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil yang didapat pengetahuan baik tentang fungsi UKS 72,5%, pengetahuan cukup baik 20% dan pengetahuan kurang 7,2%.
Kesimpulan: Tingkat pengetahuan guru tentang fungsi UKS di Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Samarinda tingkat pengetahuan baik karena koperatifnya guru