Prediksi Performa Mahasiswa dalam Perkuliahan Online Berbasis Learning Management System Menggunakan Algoritma C4.5 Studi Kasus : Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Abstract
Pandemi covid-19 pada aspek pendidikan berdampak pada sistem pembelajaran, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur memanfaatkan platform OpenLearning sebagai media untuk mendukung pembelajaran secara online. UMKT dalam rangka menjaga kualitas pendidikan maka perlu adanya pendekatan analitik dengan menggunakan data mining untuk memprediksi kinerja mahasiswa dalam perkuliahan online. Dataset yang di gunakan berasal dari platform OpenLearning dan BAA UMKT yang memuat record sebanyak 2.663 data. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi atribut, implementasi pemodelan algoritma C4.5, dan mengevaluasi algoritma pemodelan menggunakan confusion matrix untuk melihat nilai akurasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator yang berpengaruh antara lain time spent on course, course completed, tugas, quiz, uts dan label. Implementasi algoritma C4.5 menghasilkan pohon keputusan di node awal variabel quiz dengan rank ≤ -0.575 masuk dalam kelompok true untuk performa buruk, tetapi jika rank ≥ -0.575 masuk dalam kelompok false untuk performa baik terdapat variabel uts. Hasil akurasi menggunakan pembagian data 80% data training dan 20% data testing sebesar 97,22%.