Hubungan antara Tipe Kepribadian dengan Tingkat Kecemasan pada Mahasiswa saat Pembelajaran Daring di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Abstract
Latar belakang: Semenjak terjadinya pandemi COVID-19 diberlakukan pembelajaran jarak jauh atau daring pada sekolah dan perguruan tinggi. Perubahan ke pembelajaran di rumah yang belum pernah terjadi sebelumnya ini telah berdampak besar pada siswa. Kecemasan merupakan emosi yang ditandai dengan perasaan tegang, pikiran khawatir dan perubahan fisik seperti peningkatan tekanan darah. Pada beberapa keadaan kecemasan dapat disebabkan oleh tipe kepribadian.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara tipe kepribadian terhadap tingkat kecemasan pada mahasiswa saat pembelajaran daring di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.
Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlah 369 responden dengan pendekatan cross sectional study. Pengambilan data dengan menggunakan kuesioner ke dalam google form dan disebar ke masing-masing kelas mahasiswa. Analisis data menggunakan SPSS versi 24.
Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa tidak terdapat hubungan antara tipe kepribadian dengan tingkat kecemasan mahasiswa dengan nilai p-value (0,204).
Kesimpulan: Tipe kepribadian tidak mempengaruhi tingkat kecemasan.