Hubungan antara Kompetensi Preceptor dengan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Mahasiswa Profesi Ners: Literature Review
Abstract
Pendahuluan: Praktik klinik memberikan peluang untuk pengembangan kepercayaan diri dan kompetensi baik kompetensi pengetahuan maupun keterampilan bagi mahasiswa. Pengalaman dan kemampuan preceptor sebagai instruktur klinik akan mempengaruhi kemampuan mahasiswa selama pembelajaran klinik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kompetensi preceptor dengan pencapaian kompetensi (pengetahuan) mahasiswa profesi Ners.
Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian literature review dengan rancangan penelitian traditional review. Adapun jumlah jurnal yang telaah adalah sebanyak 16 jurnal.
Hasil: Setelah dilakukan analisis sebanyak 16 jurnal didapatkan data bahwa, seluruh jurnal membuktikan adanya hubungan bermakna antara kompetensi preceptor dengan pencapaian kompetensi (pengetahuan) mahasiswa profesi Ners
Kesimpulan: Terdapat hubungan bermakna antara kompetensi preceptor dengan pencapaian kompetensi (pengetahuan) mahasiswa profesi Ners.
Saran: Bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian eksperimen secara langsung terkait hubungan antara kompetensi preceptor dengan pencapaian kompetensi (pengetahuan) mahasiswa profesi Ners agar hasil penelitian yang didapatkan
lebih akurat dan valid.