Hubungan Respon Time terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang IGD RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda
Abstract
Latar Belakang: Kepuasaan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja pelayanan kesehatan yang diperoleh setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkannya. Respon time adalah waktu yang dibutuhkan pasien untuk mendapat pertolongan yang sesuai dengan kegawat daruratan penyakitnya sejak memasuki pintu IGD.
Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui Hubungan Respon Time Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang IGD RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda.
Metode: Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan crosssectional. Populasi penelitian ini sebanyak 2341 responden dan sampel pada penelitian ini di ambil dengan menggunakan rumus slovin. Sehingga didapat 96 respoden. Tehnik
pengambilan sampel dengan cara accidental sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi respon time dan kuesioner kepuasaan. Uji statistik yang digunakan adalah Chi Square.
Hasil dan Kesimpulan: Hasil penelitian hubungan Respon Time terhadap tingkat kepuasaan pasien didapatkan hasil uji statistik yang signifikan yaitu p= 0,002 < α= 0.05 maka H0 ditolak Ha diterima, yang berarti ada hubungan respon time terhadap tingkat kepuasaan pasien di ruang IGD RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda.