Hubungan Dukungan Keluarga dengan Perilaku Bullying pada Remaja di SMP Negeri 5 Samarinda
Abstract
Tujuan studi: Untuk mengetahui hubungan dukungan Keluarga dengan perilaku. Bullying pada remaja di SMP Negeri 5 Samarinda.
Metodologi: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pedekatan cross sectional. Populasi penelitian ini sebanyak 340 responden dan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan hasil sampel 181 responden. Instrumen yang di pakai adalah kuesioner dukungan keluarga dan perilaku bullying menggunakan uji stattistik Rank-Spearman.
Hasil: Berdasarkan hasil penelitian dukungan keluarga tinggi sebanyak 107 (59,1%) responden, sedang 68 (37,6%) responden, rendah 6 (3,3%) responden. Penelitian menunjukan dari 181 responden memiliki perilaku Bullying sejumlah 90 (49,7%) responden, sangat rendah 56 (30,9%) responden, sangat tinggi 2 (1,1%) responden dan tinggi 1 (0,6%). Dari hasil bivariate Sig (2 tailed) 0,002 dan Correlation Coefficient bernilai -0.230 yang menunjukan arah negatif dan berkekuatan lemah.
Manfaat: Penelitian ini diharapkan dapat mengetahui dan mampu mencegah perilaku bullying pada remaja pada saat sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.