Hubungan antara Tersedianya Sarana Pengembangan Kreasidan Inovasi Siswa dengan Kenakalan Remaja di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tenggarong Seberang
View/ Open
Date
2018-07-30Author
Utama, Mohammad Aldi
Purdani, Kartika Setia
Metadata
Show full item recordAbstract
Latar Belakang: Pada usia remaja, pada umumnya mereka menempuh jenjang sekolah menengah pertama (SMP) di mana kegiatan mereka berfokus pada kegiatan sekolah, sedangkan diluar dari waktu jam pelajaran banyak yang dapat dilakukan remaja seperti mengisi kegiatan dengan kegiatan ekstrakurikuler. Tujuan Penelitian:Untuk mengetahui Hubungan Tersedianya Sarana Pengembangan Kreasi dan Inovasi siswa dengan Kenakalan Remaja di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tenggarong Seberang. Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif korealsi dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 86 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket penelitian. Pengolahan dan analisa data menggunakan analisa univariat dan analisa bivariat. Hasil: Sebagian besar responden berjenis kelamin perempuan sebanyak 48 orang (55,8%). Sebagian besar responden berusia 12 tahun sebanyak 35 orang (40,7%). Sebagian besar pada kelas VII sebanyak 43 orang (50,0%). Sebagian besar responden tersedianya sarana pengembangan kreasi dan inovasi siswa sebanyak 59 orang (68,6%). Sebagian besar responden yang tidak kenakalan remaja sebanyak 66 orang (76,7%). Analisa bivariat hubungan antara tersedianya sarana pengembangan kreasi dan inovasi siswa dengan kenakalan remaja diperoleh p value 0,001 (<0,05) yang berarti ada hubungan antara tersedianya sarana pengembangan kreasi dan inovasi siswa dengan kenakalan remaja. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara tersedianya sarana pengembangan kreasi dan inovasi siswa dengan kenakalan remaja di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tenggarong Seberang.