Show simple item record

dc.contributor.authorMegawati, Mentari
dc.contributor.authorMiharja, Edyar
dc.contributor.authorHidayat, Faried R.
dc.date.accessioned2019-04-02T02:13:31Z
dc.date.available2019-04-02T02:13:31Z
dc.date.issued2015-02-26
dc.identifier.citationAmin, 2007. Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional. Arkinson, Smith, dkk. 2000. Introduction to Psychology (13th Edition). Harcourt College Publisher Arikunto, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Bell, 1956. Preassure Stres. Jakarta : AAP Hak Cipta Brizendine, 2006. Stress and Illnes in Adolescence: Issue of Race and Gender. http://www.fidarticles.com/ Dahlan, M.S. (2012). Statistk untuk Kedokteran dan Kesehatan. (Ed : 3). Jakarta : Salemba Medika. Fitri, dkk, 2010. Perbedaan Kejadian Stres Antara Remaja Putra dan Putri dengan Obesitas di SMA Negeri 1 Wonosari, Klaten. Skripsi, tidak dipublikasikan, Malang, Universitas Muhamadiyah Malang, Indonesia. Galbraith, 2000. Adolescent Developmental (2nd ed). Dubuque: Brown & Bencmark. Goleman, 2001. Environmental Psychology. Fourt Edition. Harcourt Brace College Publisher. Haryadi, 2007. Agama Islam dan Gender. Jakarta: Pusat Penelitian IAIN. Hidayat, A, 2003. Riset Keperawatan dan Tekhnik Penulisan Ilmiah. Jakarta: Penerbit Salemba Medica. Holita, 2001. Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Para Siswa Dengan Aplikasi Pencegahan Stress Pada Siswa Kelas 6 di SD 10 Malang. Skripsi, tidak dipublikasikan, Malang, Universitas Muhamadiyah Malang, Indonesia. Hurlock, 1999. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga Lazarus, 1984. Menjadi Guru. Jakarta: Mirzan-Hak Cipta. Monks, 1999. Gender Differences In The Relationship Between Stressful Life Event and Adjustment Among School-Aged Children. Journal of Research. Morgan, 1986. Stress Resistance. Jakarta : CRC Press Hak Cipta Nelson, 2003. Stress Appraisal and Coping. New York-Springer Publishing Company. Nevid, 2005. Psikologi Perkembangan: Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya, (Terjemahan Siti Rahayu Haditono). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Nursalam, 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan, Edisi 2. Jakarta: Penerbit Salemba Medica. Notoadmojo, 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Bineka Cipta. Potter, 2005. Pengantar asuhan Kep. Sist. persyaratan, edisi ke 4. Jakarta: EGC. Pasiak, 2009. Unlimited Potency Brain. Jakarta: Mirzan Pustaka Hak Cipta. Rice, 1992. Hati,Diri, Jiwa, Serambi. Jakarta: Hak Cipta. Santrock, 2003. Adolesenc. Jakarta: Erlangga. Santrock, 2007. Remaja, edisi II jilid 2. Jakarta: Erlangga. Sarwono, 2007. Psikologi remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Stipek, 2002. Human Development (7th edition). USA: Mc-Graw Hill. Tarigan, 2003. Kamandirian Sebagai Kebutuhan Psikologis. Jakarta: Erlangga Trismiati, 2004. Hubungan Prilaku Merokok Dalam Peningkatan Stres Dengan Cara Mengatasi Stres Pada Peserta Didik di Universitas Gadjah Mada Dalam rangka Penyusunan Tugas Akhir. Skripsi tidak dipublikasikan, Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, Indonesia. Wasis, 2008. Pedoman Riset Praktis Untuk Profesi Perawat. Jakarta: EGC Yusuf, 2009. Perbedaan Tingkat Kecemasan antara Siswa Putra dan Putri Kelas X dalam Menghadapi Ujian Akhir Semester Pada SMA NU AL-Ma’ruf Kudus. Skripsi, tidak dipublikasikan, Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia. Zakaria, 2002. General and Specific Predictors of Behavioral and Emotional Problems Among Adolescent. Jurnal of Emotional and Behavioral Dsiorder.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/1159
dc.description.abstractLatar Belakang : Istilah adolescence atau remaja berasal dari kata latin adolescere yang berarti tumbuh untuki mecapai kematangan (Ali dkk, 2004). Mappiare menyebutkan remaja yaitu berlangsung antara umur 12 tahun sampai dengan 21 tahun bagi wanita dan 13 tahun sampai dengan 22 tahun bagi pria. Rentang usia remaja ini dibagi menjadi 2 bagian, yaitu usia 12/13 tahun sampai dengan 17/18 tahun adalah remaja awal dan usia 17/18 tahun sampai dengan 21/22 tahun merupakan remaja akhir (Ali, 2004). Sedangkan menurut Hall remaja yaitu rentang usia berkisar antara 12 hingga 23 tahun diwarnai oleh pergolakan yang dipenuhi oleh konflik dan perubahan suasana hati (Santrock, 2007). Tugas utama bagi remaja sebagai seorang siswa ialah belajar. Sardiman (dalam Hotila, 2001) menyatakan bahwa belajar adalah perubahan tingkah laku atau penampilan dengan serangkaian kegiatan seperti: menulis, membaca, mengamati, mendengarkan, meniru dan sebagainya. Dalam prosesnya, permasalahan sering kali timbul sehingga siswa tidak dapat berkembang secara optimal, salah satu permasalahan itu ialah stres. Stres yang sering dikategorikan sebagai gangguan yang terjadi pada orang dewasa juga ditemukan pada remaja. Perkembangan emosi yang terjadi pada seorang remaja akan menimbulkan tekanan pada diri remaja tersebut dan akan berdampak stres. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui apakah ada perbedaan tingkat stres remaja dan cara mengatasi stres dalam aktivitas belajar antara remaja putra dan remaja putri kelas X di SMAN 3 Samarinda. Metode Penelitian : Desain penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan Cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Random Sampling, dengan jumlah sampel penelitian 126 responden dengan laki-laki sebanyak 62 dan Perempuan sebanyak 64 responden, sedangkan instrumen penelitian data menggunakan kuesioner yang telah baku yaitu GHQ (General Healtg Quessionaire) pada tingkat stres sedangkan cara mengatasi stres menggunakan kuesioner yang telah di uji validitas. Analisa bivariat menggunakan uji Chi Square. Hasil Penelitian : hasil penelitian ini menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan tingkat stres antara remaja putra dan putri dalam aktivitas belajar di SMAN 3 Samarinda dan terdapat perbedaan yang signifikan cara mengatasi stres antara remaja putra dan putri dalam aktivitas belajar di SMAN 3 Samarinda dengan nilai p value 0.164 untuk tingkat stres dan 0.031 untuk cara mengatasi stres.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectTingkat stresid_ID
dc.subjectCara Mengatasi Stresid_ID
dc.subjectRemajaid_ID
dc.titlePerbedaan Tingkat Stres dan Cara Mengatasi Stres dalam Aktivitas Belajar antara Belajar Remaja Putra dan Putri Kelas X di SMAN 3 Samarindaid_ID
dc.title.alternativeDifferences of Stress Level and How to Cope with Stress in Learning Activities Among Studying Adolescent Boy and Girl Class of X at SMAN 3 Samarindaid_ID
dc.typeOtherid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record