Show simple item record

dc.contributor.authorPangaribuan, Saurlina
dc.contributor.authorWahyuni, Tri
dc.contributor.authorKhoiroh, Siti
dc.date.accessioned2019-04-15T07:43:32Z
dc.date.available2019-04-15T07:43:32Z
dc.date.issued2015-02-01
dc.identifier.citationAlimul, Aziz. (2009). Metode Penelitian Keperawatan dan Tekhnik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika. Alimul, Aziz. (2012). Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia. Aplikasi konsep dan proses keperawatan. Jakarta: EGC Arikunto, S. (2010). Proses Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta Clements, D.H, & Samara, J. (2002). Teachs with Computers in Early Childhood Education : Strategies and Professional Develpoment. Journal of Early Childhood Teacher Education 23(3), 215 - 226 Cordes C., & Miller, E. (2000). Fools’ Gold : Acritical Look at Computers in Childhood. College Park, MD. Alliance for Childhood. Upper SaddleRiver, NJ : Pearson Education Inc. Dediu, Horace. (2013). Internet dan Seluk Beluknya, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Departemen Kesehatan RI. (2005). Pedoman Deteksi Dini Tumbuh Kembang Balita. Jakarta: Departemen Kesehatan Donny, B.U (2013). Usir Galau dengan Internet Sehat. Yogyakarta: Andi Publisher Effendy, Onong Uchjana. (1998). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya Hartono. (2008). SPSS 16.0 Analisis Data Statistika dan Penelitian. Yogyakarta: Kanisius Hockenberry, M.J, & Wilson, D. (2007). Nursing Care of Infants and Childern. (8th ed.). St. Louis: Mosby Elsevier Hurlock, Elisabeth. (1999). Perkembangan Anak, Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Keating, Seline. (2011). A Study on the Impact of Electronic Media, Particulary Television and Computer Consuler, upon Traditional Childhood Play and Certain Aspects of Psychosocial Development Amonyst Childern. TJCDSE. Volume 2, Issue 1 Kozier, Barbara. (2004). Buku Ajar Fundamental Keperawatan, Konsep, Proses, dan Praktik. Jakarta: EGC Mashar, Riana (2011). Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: Kencana. Misty, Vermaat. (2007). Discovering, Computers: Fundamentals. Singapore: Thomson Narendra, M.S, dkk. (2002). Buku Ajar I Tumbuh Kembang Anak dan Remja Edisi Pertama IDAI. Jakarta: Sagung Seto Notoatmodjo, S. (2002). Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta: PT Rineka Cipta Nursalam, dkk. (2005). Asuhan Keperwatan Bayi dan Anak ( untuk Perawat dan Bidan) Edisi 1. Jakarta: Salemba Medika Nursalam. (2008). Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu keperawatan. Jakarta: Salemba Medika Patmodonodewo, Soemitra (2000). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta Potter & Perry (2005). Buku AjarFundamental Keperawatan : Konsep, Proses, dan Praktik. Edisi 4. Vol 1. Jakarta: EGC Riduwan.(2009). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta. Satari, H (2005). Hal tentang Internet. Jakarta: Puspa Swara Soetjiningsih. (2004). Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. Jakarta: PT Sagung Seto Sugiyono. (2008). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta Tedjasaputra, M.S (2012). Bermain, Mainan dan Permainan untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: PT. Grassindo Texas Education Agency. (2013). Children and Their Growth Wong, Donna L (2004). Pedoman Klinis Keperawatan Pediatrik. Jakarta : Penerbit. Buku Kedokteran EGCid_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/1166
dc.description.abstractLatar belakang:Tumbuh kembang anak tidak dapat dilepaskan dari fungsi bermain yang dimiliki oleh anak.Fungsi bermain dapat meningkatkan tumbuh kembang kognitif dan sosial dan tumbuh kembang bahasa, disiplin, tumbuh kembang moral, kreativitas dan tumbuh kembang fisik anak. Pada zaman modern saat ini, penggunaan gadget sudah sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk penggunaan pada anak-anak. Penggunaan gadget akan mempengaruhi aktivitas pada anak seperti anak menjadi lebih pendiam, cenderung pemarah dan kurang bersosialisasi dengan dunia luar. Tujuan penelitian:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lamanya penggunaan gadget dengan tumbuh kembang anak usia pra sekolah TK Nomensen Bontang. Metode penelitian: Rancangan penelitian ini adalah descriptive correlation dengan metode pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah orang tua anak yang bersekolah di TK Nomensen Bontang yang berjumlah 60 orang, cara pengambilan sampel dengan total sampling. Alat yang digunakan kuesioner dengan pernyataan mengenai lama bermain gadget dan DDST. Analisis untuk uji hipotesis dengan uji statistik Chi Square. Hasil penelitian: Hasil uji statistik Chi Square di ketahui nilai p value = 0,020,Nilai tersebut lebih kecil dari α ( p<0,05 ) maka Ho ditolak berarti ada hubungan yang signifikan antara lama penggunaan gadget dengan tumbuh kembanga nak usia prasekolah TK Nomensen Bontang. Kesimpulan : Ada hubungan yang signifikan / bermakna antara lamanya penggunaan gadget dengan tumbuh kembang anak usia pra sekolah TK Nomensen Bontang saran kepada orang tua agar anak dibatasi dalam menggunakan gadget.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectpenggunaan gadgetid_ID
dc.subjecttumbuh kembang anakid_ID
dc.subjectDDSTid_ID
dc.titleHubungan Lama Penggunaan Gadget dengan Tumbuh Kembang Anak Pra Sekolah di TK Nomensen Bontangid_ID
dc.title.alternativeAssociated between Gadget Using and Preschool Development at Nomansen Kindergarten School Bontangid_ID
dc.typeOtherid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record