Show simple item record

dc.contributor.authorPuspita, Novia Riani
dc.contributor.authorGhozali, Ghozali
dc.contributor.authorWiwin, Ni Wayan
dc.date.accessioned2019-05-21T09:22:57Z
dc.date.available2019-05-21T09:22:57Z
dc.date.issued2015-02-26
dc.identifier.citationAnwar, M. (2000). Sikap Manusia, Teori dan Pengukuran. Edisi kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian ; Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta (2010). Prosedur Penelitian ; Suatu Pendekatan Praktik, edisi Revisi X. Jakarta : Rineka Cipta Berk, L.E. (2005). Child Development (5 th ed). USA: A Pearson Education Comp. Budiarto, E. (2003). Metodologi Penelitian Kedokteran ; Sebuah Pengantar. Jakarta : EGC Departemen Kesehatan RI. (2006). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi, dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : Bakti Husada. (http: www.depkes.go.id, diperoleh pada tanggal 6 Mei 2014). Desmita, A. (2010) Skripsi tidak dipublikasikan Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia. Hidayat, A. 2009. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Bineka Cipta. Hurlock, E. B. 1. 2002. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga. . 2005. Psikologi Perkembangan. Edisi ke-5. Jakarta: Erlangga. Huxley, Julie, at al. (2002). Making Wafes. London : Pinguin Group Lie, A & Prasasti, S. (2004). 101 Cara Membina Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak. Jakarta : Elex media Komputindo Muscari, M.E. 2005. Panduan Belajar : Keperawatan Pediatrik. Jakarta : EGC Notoatmodjo, S. (2010). Promosi Kesehatan Teori&Aplikasi, Edisi Revisi. Jakarta : Rineka Cipta Notoatmodjo, S. (2005). Metodologi Penelitian Kesehatan, Edisi Revisi. Jakarta : Rineka Cipta(2007). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta Rineka Cipta Nursalam, DR. (2003). Konsep dan Penerepan Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pedoman Skripsi, Tesis, dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta : Penerbit Salemba Medika (2008). Asuhan Keperawatan Bayi dan Anak (Untuk Perawat dan Bidan). Jakarta : Salemba Medika Perry, P. et al. 2005. Buku ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses, dan Praktik, Edisi 4, Vol 1. Monica Ester, dkk (Alih bahasa). Jakarta : EGC Pratiknya, A. (2007). Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kedokteran dan Kesehatan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada Rianto, A. (2011). Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan, Yogyakarta : Nuh Medika Sudarwan, D. (2003). Riset Keperawatan ; Sejarah dan Metodologi. Jakarta : EGC Sugiyono. (2010). Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta Tujuan, Kerangka Teori, Kerangka Konseptual, dan KerangkaOperasional Penelitian (Objectives Framework Theory, Framework and Conceptual Framework of Operational Research). http://dr-suparyanto.blogspot.com/2009/11/tujuan-kerangka-teori-konseptual-dan.html, dibuka pada tanggal 20 Januari 2013 Wasis. (2008). Pedoman Riset Praktis Untuk Profesi Perawat. Jakarta : EGC WHO. (2009). Indikator Perbaikan Kesehatan Lingkungan Anak. Apriningsih (Alih Bahasa). Jakarta : EGC Widjaja, A. (2005). Pertolongan Pertama Pada Anak di Rumah. Jakarta : Salemba Medika Wong, D.L. (2003). Pedoman Klinis Keperawatan Pediatrik. Monica Ester (Alih bahasa). Jakarta : EGCid_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/1313
dc.description.abstractLatar Belakang : Pola asuh orang tua adalah pola perilaku yang diterapkan pada anak dan bersifat konsisten dari waktu kewaktu. Pola perilaku ini dapat dirasakan oleh anak, dari segi negatif dan positif. Pembentukan kepribadian anak sangat dipengaruhi oleh pola asuh orang tua. Pada masa usia prasekolah anak mengalami masa keemasan (the golden years) yang merupakan masa dimana anak mulai peka atau sensitif untuk menerima berbagai rangsangan. Sehingga perlunya dukungan pola asuh yang baik dari orang tua agar perkembangan anak menjadi lebih baik.Usia prasekolah adalah usia penting diterapkannya pola asuh yang baik oleh orang tua. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian aktivitas sehari-hari pada anak prasekolah di TK Enggang Putih Samarinda. Metode Penelitian : Peneltian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasi. Pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan tehnik total sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 57 responden. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Hasil Penelitian : Hasil dari penelitian ini didapatkan untuk pola asuh demokratis sebesar 27 responden (47.4%), pola asuh permisif sebesar 20 responden (35.1%), pola asuh otoriter sebesar 10 responden (17.5%). Untuk kemandirian aktivitas anak yang mandiri sebesar 31 responden (54.4%) dan yang tidak madiri sebesar 26 responden (45.6%). Menurut asumsi peneliti, bahwa pada dasarnya terdapat hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian aktivitas sehari-hari pada anak prasekolah dengan tingkat kesalahan (alpha) 0.05, hasil p value yang didapatkan signifikan (0.005) yang berarti p value < 0.05. Kesimpulan : Pola asuh orang tua demokratis dengan kemandirian aktivitas anak sehari-hari pada anak prasekolah adalah mandiri.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectPola asuhid_ID
dc.subjectKemandirian anakid_ID
dc.subjectTK Enggang Putih Samarindaid_ID
dc.titleHubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Aktivitas Sehari-Hari pada Anak Prasekolah di TK Enggang Putih Samarindaid_ID
dc.title.alternativeRelationship between The Way of Parenting and The Self-Reliance in Doing Daily Activity of Preschool Children at TK Enggang Putih Samarindaid_ID
dc.typeOtherid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record